Penjaminan Mutu Sekolah Pascasarjana UNESA beri Pelatihan Sekolah Indonesia Malaysia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 19 Mei 2024 19:00 WIB

Penjaminan Mutu Sekolah Pascasarjana UNESA beri Pelatihan Sekolah Indonesia Malaysia

SURABAYAPAGI, Surabaya - Gugus Penjaminan Mutu Sekolah Pascasarjana UNESA memberikan pelatihan secara online kepada guru dan staf manajemen Sekolah Indonesia Luar  Negeri yang berada di Malaysia (19/05/2023).

Sekolah Indonesia Luar Negeri di Malaysia merupakan Sekolah yang diperuntukkan bagi warga negara Indonesia yang tinggal di Malaysia. Pelatihan online bertema standar penilaian untuk Sekolah menengah ke bawah. Penilaian merupakan hal utama dalam pembelajaran yaitu untuk mengetahui tingkat ketercapaian peserta didik.

Baca Juga: TP UNESA Dampingi Universitas Katolik Weetebula Sumba dalam Pembelajaran Digital

Pelatihan online tentang standar pendidikan dasar dan menengah diikuti oleh 75 orang guru. Kegiatan ini bekerja sama antara Gugus Penjaminan Mutu Sekolah Pascasarjana UNESA dengan mahasiswa Magister Teknologi Pendidikan UNESA di Malaysia dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Malaysia.

Peserta pelatihan yang terdiri dari guru dan staf Sekolah Indonesia Luar Negeri  Malaysia dan Community Learning Center merasa sangat senang dengan kegiatan pelatihan secara online, karena memperoleh pemahaman yang sangat jelas tentang standar penilaian.

Community Learning Center merupakan komunitas guru Indonesia yang mengajar di daerah pedalaman Malaysia untuk warga negara Indonesia yang bekerja di perkebunan kelapa sawit. Pemerataan Standar pendidikan harus menyentuh juga peserta didik yang belajar di luar wilayah negara kesatuan Republik Indonesia. 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi guru Indonesia di Malaysia dan negara lainnya hendaknya dilaksanakan secara berkelanjutan.

Baca Juga: Magister TP UNESA Roadshow Pelatihan Guru Indonesia Malaysia 

Salah satu peserta, Juliandi, mengatakan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk dilakukan. “Sebagai pendidik harus melengkapi administrasi karena berdampak besar pada akreditasi sekolah dan peserta didik,”ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh Ibu Oktaviani Purnamasari, Ia mengatakan materi yang disampaikan membuatnya merefleksi diri terkait dengan penjaminan mutu. “Sangat diperlukan pembentukan penjaminan mutu di sekolah,”ungkapnya.

Baca Juga: Magister TP UNESA Roadshow Pelatihan Guru Indonesia Malaysia 

“Dari pelatihan ini kita semakin berkomitmen untuk menjaga budaya mutu pendidikan,”imbuhnya.

Sedangkan menurut Isa Suhada, pelatihan ini memperkuat pada komitmen penjaminan mutu. Kegiatan PKM sangat bermanfaat bagi guru-guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri di Malaysia.

“Kolaborasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi Sekolah Indonesia Luar Negeri harus selalu dilaksanakan secara berkelanjutan, karena pemerataan pendidikan tidak hanya ada di dalam negeri, tetapi juga sekolah Indonesia yang berada di luar negeri,”katanya.

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU