Reni Astuti Minta Kuota Beasiswa Kuliah di Tambah dan UKT Gratis khusus Warga Surabaya

author Al Qomaruddin

- Pewarta

Senin, 20 Mei 2024 17:30 WIB

Reni Astuti Minta Kuota Beasiswa Kuliah di Tambah dan UKT Gratis khusus Warga Surabaya

i

Reni Astuti Minta Kuota Beasiswa Kuliah di Tambah dan UKT Gratis khusus Warga Surabaya 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pendidikan merupakan salah satu pilar penting dalam pengentasan kemiskinan dan meningkat SDM (Sumber Daya Manusia) di kota Pahlawan. Maka Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti meminta agar kuota beasiswa kuliah untuk warga Surabaya ditambah. Tahun 2025 besok

Menurut Reni Astuti kuota beasiswa pemuda tangguh jenjang kuliah ini harus bertambah karena ada penambahan pendapatan dari sektor pajak kendaraan. "Kami berharap ada penambahan kuota beasiswa pemuda tangguh jenjang kuliah. Jika tahun ini ada kuota 800, tahun depan harus ditambah agar hak warga mendapatkan pendidikan yang layak terpenuhi," kata Reni, Senin (20/5).

Baca Juga: Ketua DPRD Surabaya: Kita Warisi Api Perjuangan, Jangan Abunya

Kota Surabaya menerapkan program beasiswa Pemuda Tangguh jenang kuliah. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu atau gakin. Saat diterima di perguruan tinggi yang sudah ditetapkan, mereka berhak mengajukan beasiswa tersebut.

Setiap semester seluruh UKT penerima beasiswa ditanggung. Selain itu, mahasiswa penerimanya juga berhak atas uang saku bulanan Rp 500.000. Begitu juga ada uang penunjang kuliah Rp 750.000 per semester.

Reni yang pernah di Komisi D DPRD Surabaya menghitung setiap mahasiswa penerima beasiswa pemuda tangguh jenjang kuliah itu bisa mencapai Rp 20 juta. Sesuai aturan, 2025 akan penambahan pendapatan sekitar Rp 500 miliar dari pajak kendaraan bermotor. 

Baca Juga: HJKS Ke-731, Ketua DPRD Surabaya Optimis Surabaya Terus Berkembang di Segala Bidang

Sebagaimana UU Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah (HKPD). Ada klausul bahwa salah satunya bisa untuk peningkatan anggaran pendidikan. Artinya harus dimaksimalkan untuk optimalisasi program beasiswa Pemuda Tangguh.

Pendapatan tambahan ini bisa dioptimalkan untuk memperkuat beasiswa pemuda tangguh jenjang kuliah. Sektor pendidikan tinggi dalam membangun SDM Kota Surabaya harus didukung penuh. Apalagi saat ini tengah bergulir isu biaya UKT mahal. 

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya Laila Mufidah: Festival Rujak Uleg Sarana Edukasi Untuk Anak Muda

Bagi warga kurang mampu tak perlu kecil hati karena Pemkot akan mencukupi biaya perguruan tinggi itu. Pemerintah Kota Surabaya saat ini sudah hadir. Anggaran pendidikan ditingkatkan ini ada investasi bagi masa depan bagi kota ini.

"Surabaya luar biasa. Sekolah gratis dan saat di kampus ada beasiswa kuliah. Dalam setahun anak Surabaya yang dapat beasiswa Rp 20 juta kalau dihitung. Saat ini yang duduk di bangku SMA/SMK tak perlu kecil hati jika dari keluarga kurang mampu," kata Reni. Alq

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU