DPRD Sidoarjo Gelar Pra Orientasi Anggota Legislator Baru

author Handoko Koresponden Sidoarjo

- Pewarta

Rabu, 22 Mei 2024 13:09 WIB

DPRD Sidoarjo Gelar Pra Orientasi Anggota Legislator Baru

i

DPRD Sidoarjo Gelar Pra Orientasi Anggota Legislator baru. SP/ HIKMAH

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - DPRD Kabupaten Sidoarjo tengah menyelenggarakan pra orientasi Bagi Anggota DPRD yang baru terpilih di gedung paripurna Kabupaten Sidoarjo, Rabu (22/5).

Dalam kesempatan tersebut Sedikitnya di hadiri 16 orang anggota DPRD yang baru terpilih dari berbagai partai untuk menghadiri pra orientasi tahap awal yang selanjutnya secara bertahap di lakukan orientasi untuk para anggota baru DPRD yang lainnya sebelum masa pelantikan.

Baca Juga: Warga Kampung Praban Barat Semarakkan Takbir Keliling Jelang Hari Raya ldul Adha 1445 H

Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman menyampaikan di hadapan puluhan para anggota Legislatif baru terpilih tersebut, bahwa DPRD memiliki tugas dan kewajiban untuk penyelenggaraan suatu pemerintah yang baik.

“Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah memiliki peran dan tanggung jawab dalam mewujudkan efisiensi, efektivitas, produktivitas dan akuntabilitas menyelenggarakan pemerintahan daerah, melaksanakan hak dan kewajiban, tugas, wewenang dan fungsi DPRD sesuai dengan ketentuan peratiran dan perundang-undangan,” ucap H Usman dalam sambutannya.

Sebagai Negara berkedaulatan rakyat, lanjut Usman anggota DPRD harus mampu menyelesaikan masalah dan menjalankan amanah rakyat.

“Seorang anggota DPRD harus mampu menyelesaikan masalah. Dasar Negara Republik Indonesia mengamanahkan bahwa Indonesia adalah Negara berkedaulatan rakyat, artinya rakyatlah yang memiliki daulat dan kekuasaan di negeri ini, maka menjadi anggota DPRD berarti menjadi wakil yang akan menjalankan amanah dari rakyat,” lanjutnya.

Baca Juga: Meneladani Kisah Nabi Ibrahim AS, DPC Peradi Sidoarjo Bagikan Hewan Kurban

Senada hal tersebut, Moh Sholeh tenaga ahli DPRD Jatim yang juga akademisi Universitas Narotama yang di dapur sebagai pembicara dalam pra orientasi DPRD Kabupaten Sidoarjo mengucapkan bahwa orientasi penting untuk meningkatkan pemahaman para anggota dewan terhadap tugasnya.

“Orientasi ini sangat penting, karena setiap anggota dewan memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Penting bagi anggota dewan untuk memahami peran dan fungsinya sebagai seorang wakil rakyat,” ucap Sunarjo.

Menurut Sholeh selanjutnya juga di sebutkan orientasi juga penting untuk dilaksanakan sebab pemahaman terkait fungsi dan pengawasan kebijakan pemerintah selama masa jabatan yang melekat sebagai wakil suara rakyat.

Baca Juga: Siap Lanjutkan Bangun Desa, Kades Abu Daud Terima SK Perpanjangan Jabatan 2 Tahun

Orientasi bagi anggota DPRD kabupaten kota dilakukan satu kali pada awal masa jabatan, setelah mengucapkan sumpah atau janji anggota DPRD dan merupakan salah satu syarat bagi anggota DPRD untuk pendalaman tugas kedepan dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang tugas pokok dan fungsi sebagai anggota DPRD demi mewujudkan tujuan pembangunan daerah.

Sementara itu salah satu peserta pra orientasi, Elok Suciati legislator terpilih dari fraksi PKB, menyambut baik kegiatan pengenalan kedewanan. "Kegiatan orientasi ini dapat dijadikan momentum strategis untuk memperteguh komitmen dan motivasi untuk semua anggota DPRD. Diharapkan sinergisitas antar anggota dewan dapat terbentuk dan mampu menyampaikan kebijakan-kebiajakn yang berpihak kepada kepentingan rakyat." Ujar Elok Suciati.  Hdk/hik

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU