Rekom 70 Pilkada Meluncur dari Rakernas V PDIP, Termasuk Surabaya dan Trenggalek

author Riko Abdiono

- Pewarta

Jumat, 24 Mei 2024 13:48 WIB

Rekom 70 Pilkada Meluncur dari Rakernas V PDIP, Termasuk Surabaya dan Trenggalek

i

Aryo Seno Bagaskoro, Jubir DPP PDI Perjuangan. Foto : Riko/SP

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Kepastian rekomendasi untuk Pilkada serentak mencuat di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V yang digelar di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, pada 24-26 Mei 2024. DPP meluncurkan terlebih dulu rekomendasi untuk 70 Pilkada di seluruh Indonesia.

Juru Bicara DPP PDI-P Aryo Seno Bagaskoro mengatakan Isi Rakernas V PDIP akan membahas persoalan-persoalan yang terkait dengan 3 persoalan pokok. Pertama, soal sikap politik PDIP baik internal maupun eksternal. Kedua, merumuskan program-program kerakyatan. Ketiga, membahas tentang strategi pemenangan Pilkada 2024. “Ada 70 pilkada yang kita prioritaskan untuk dilanjutkan lagi. Di 70 Pilkada itu adalah yang PDI-P punya incumbent dan bisa kita usung sendiri,” sebut Seno, Jumat 24/5/2024.

Baca Juga: Rayakan Idul Adha, PDIP Jatim Distribusikan 376 Ekor Sapi ke Seluruh Daerah

Ada daerah yang dimana PDI-P punya incumbent tapi tidak bisa mengusung sendiri, ada juga daerah yang kuta tidak bisa mebgusunh sama sekali dan tidak punya incumbent. “Di daerah yang kita punya incumbent dan mengusung sendiri kita dorong untuk lanjutkan lagi kita usulkan ke masyarakat lagi,” ungkap Seno.

Dari 70 daerah itu ada beberapa daerah yang PDI-P punya kepala daerah incumbent dan bisa mengusung sendiri. Seperti pilkada Surabaya, Banyuwangi, Trenggalek dan Kabupaten Kediri. “Surabaya misalnya, Pasangan Ery Cahyadi dan Armuji lalu di Trenggalek ada Mohammad Arifin bisa langsung kerja politik untuk kembali maju Pilkada 2024,” terangnya.

Sedangkan daerah daerah lainnya, rekomendasi pilkada di daerah daerah lainnya akan diputuskan pada bulan Agustus mendatang. “Sembari menunggu komunikasi politik di setiap daerah,” sebutnya.

Setelah melalui pemilu yang brutal kemarin maka PDI-P merasa perlu melajukan pendekatan kerakyatan. Melibatkan anak muda, perempuan dan tokoh civil society. “Itu Mencerminkan satu strategi pilkada yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga: Sita Dokumen PDIP, Penyidik KPK Di-Bareskrim-kan

Seno menambahkan, Khusus untuk strategi pemenangan Pilkada 2024, akan dibagi ke dalam 3 sub kelompok. Sub kelompok pertama akan diikuti olehpengurus DPC dan DPD yang perolehan suaranya lebih dari 20 persen.

“Artinya kelompok 1 itu diikuti oleh ketua, sekretaris, bendahara partai, yang bisa mengajukan calon sendiri. Tetapi kita akan tetap bekerja sama dengan parpol lain,” kata tokoh muda asal Surabaya ini.

Sebab, lanjut Seno, PDIP adalah partai yang kukuh melaksanakan ideologi Pancasila yang bersumber dari pemikian dan ajaran Bung Karno, dengan tetap menggunakan sistem demokrasi terpimpin lewat mendengarkan seluruh pandangan dari DPD-DPD partai.

Baca Juga: KPK: Pemeriksaan Hasto, Sudah Direncanakan

Dari situlah keputusan akan digodok dalam komisi-komisi dan sub komisi. Di hari terakhir nanti akan dibacakan rekomendasi internal maupun eksternal partai. Semua keputusan Rakernas diambil berdasarkan asas musyawarah mufakat,” pungkasnya.

Adapun Rakernas kali ini mengusung tema “Satyam Eva Jayate: Kebenaran Pasti Menang" dan subtema "Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran”.

Sebanyak 4.858 peserta yang terdiri dari fungsionaris DPP Partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai, Anggota DPR RI, badan dan sayap partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPLN dari 16 negara, Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota, Kepala dan Wakil Kepala Daerah PDIP, serta calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent hadir langsung dalam pembukaan Rakernas V Partai. “Diperkirakan total ada 6000 peserta dan undangan yang hadir di Rakernas V PDI-P ini,” pungkasnya.
rko

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU