Instruksi Megawati di Rakernas, PDIP Jatim Perkuat Konsolidasi Internal dan Turun ke Akar Rumput

author Riko Abdiono

- Pewarta

Sabtu, 25 Mei 2024 09:33 WIB

Instruksi Megawati di Rakernas, PDIP Jatim Perkuat Konsolidasi Internal dan Turun ke Akar Rumput

i

Perwakilan Jawa Timur yang hadir dalam Rakernas V PDI-P di Jakarta, 24-26 Mei 2024. SP/ RIKO

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - PDI Perjuangan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V di Jakarta, 24-26 Mei 2024, yang diikuti segenap jajaran partai tersebut se-Indonesia. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri membuka secara resmi dan menyampaikan pidato politik dalam Rakernas bertema “Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang” tersebut.

Salah satu poin yang menjadi sorotan Megawati adalah pentingnya konsolidasi internal dalam menghadapi Pilkada 2024. Selain itu, Megawati menginstrusikan kepada seluruh kader partai berlambang banteng tersebut untuk terus turun ke bawah membersamai masyarakat.

Baca Juga: Dinyatakan oleh Ketua Dewan Kehormatan PDIP, Sudah Bukan Kader PDIP Lagi, Jokowi tak Kaget

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jatim, Deni Wicaksono, menyatakan kesiapan seluruh elemen PDIP di Jatim untuk menjalankan instruksi Megawati, termasuk dalam menghadapi Pilkada 2024.

“Salah satu yang akan dibahas dalam Rakernas kali ini memang soal pemenangan Pilkada 2024. Sesuai arahan Ibu Megawati, Pilkada bukan soal kekuasaan dan kemenangan semata, tapi bagaimana kita menghadirkan visi dan semangat juang untuk mendedikasikan kemenangan dalam Pilkada kepada masyarakat melalui program-program yang bermanfaat bagi rakyat banyak,” ujar Deni.

Baca Juga: Megawati Minta Kader PDIP Turun ke Bawah dan Layani Rakyat

Anggota DPRD Jawa Timur tersebut menambahkan, terkait konsolidasi internal, PDIP Jatim intens berkoordinasi dengan seluruh jajaran partai serta kepala daerah se-Jatim. Sejumlah pertemuan pun telah digelar. Pemetaan politik sudah disusun sesuai arahan dari DPP PDIP.

“InsyaAllah bersama kekuatan masyarakat, keluarga besar PDI Perjuangan Jawa Timur siap untuk menghadapi Pilkada. Terkait rekomendasi calon kepala daerah, tentu sepenuhnya menjadi wewenang Ibu Ketua Umum,” ujar alumnus Universitas Airlangga tersebut.

Baca Juga: Mesin Politik PDIP Lambat Jika tak Berkoalisi

Adapun terkait instruksi Megawati agar kader PDIP terus bergerak membersamai masyarakat, Deni menegaskan hal tersebut senantiasa menjadi karakter perjuangan PDIP sebagai partai wong cilik. Advokasi masyarakat terkait masalah pendidikan, kesehatan, sosial, hingga infrastruktur terus dijalankan di Jawa Timur.

“Yang selalu kami sambut dengan happy adalah, setiap saat termasuk di agenda-agenda penting partai seperti Rakernas, Ibu Megawati tak pernah bosan untuk mengingatkan kami para kadernya agar rajin turun ke akar rumput. InsyaAllah para kader di Jatim selalu siap, dan akan meningkatkan intensitas turun ke akar rumput menyambut Pilkada 2024,” pungkas ketua Persatuan Alumni GMNI Jawa Timur tersebut. Rko

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU