Antisipasi Luapan Air, Pemdes Wonoplintahan Bangun Drainase

author Juma'in Koresponden Sidoarjo

- Pewarta

Minggu, 26 Mei 2024 11:17 WIB

Antisipasi Luapan Air, Pemdes Wonoplintahan Bangun Drainase

i

Pelaksanaan pembangunan saluran drainase di RT 01- RT 02 Desa Wonoplintahan. SP/ JUM

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Antisipasi luapan air saat musim penghujan tiba, Pemdes Wonoplintahan, Kecamatan Prambon membangun saluran drainase. Keberadaan saluran drainase itu penting untuk menampung air yang kerap meluap di jalan.

“Pembangunan ini berdasarkan keputusan bersama dalam musyawarah desa dan telah dituangkan dalam APBDes 2024,” ujar Kades Wonoplintahan, Haji Joko Setyanggono, saat ditemui di kediamannya, Minggu  (26/05/2024)

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Anggarkan 2 M untuk Perbaikan Drainase dan Plengsengan

Haji Joko Setyanggono menuturkan, jika pelaksanaan pembangunan saluran drainase ini merupakan permintaan warga saat musyawarah desa (Musdes).

Anggaran pembangunan saluran drainase sepanjang 150 meter yang berlokasi di RT 01 sampai RT 02 ini bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2024 sebesar Rp. 60 juta.

“Untuk pengerjaannya, kami melibatkan masyarakat sekitar,” tuturnya.

Baca Juga: Meski Terseok, Kontraktor Trotoar Jalan Gus Dur Diberi Kelonggaran PPK Dinas Perkim Jombang, Ada Apa?

Pemdes Wonoplintahan berharap pengerjaan proyek ini membuat umur jalan desa lebih lama karena tidak tergenang air. Sebab genangan air pada jalan bisa menyebabkan aspal cepat rusak. 

“Pembangunan drainase tersebut penting agar tidak memicu genangan air di jalan yang berakibat rusaknya jalan,” ungkapnya.

Baca Juga: Komisi C DPRD Jombang Bakal Sidak Proyek Bermasalah Pembangunan Trotoar

Dia juga menjelaskan, alokasi DD tidak hanya fisik, tapi juga untuk program ketahanan pangan, bantuan langsung tunai (BLT), dan pemberdayaan masyarakat.

“Harapan kami pembangunan dan pemberdayaan desa bisa lebih maksimal dan menyeluruh, sehingga DD benar-benar memberikan dampak positif,” pungkasnya. jum

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU