Gaya Hidup Baru Menteri, Sport Tourism

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 26 Mei 2024 20:37 WIB

Gaya Hidup Baru Menteri, Sport Tourism

i

Sandiaga Uno saat menghadiri event lari marathon yang digelar salah satu produk minuman ion kesehatan, di Jakarta, pada Minggu (26/5/2024).

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno mengatakan kini semakin banyak orang yang antusias menjadikan lari sebagai tren gaya hidup.

Ada agenda sport tourism atau wisata. Even ini sudah mulai banyak ditemukan, yang menurutnya juga berdampak ke perekonomian negara.

Baca Juga: Sandiaga: China Merupakan Pasar Utama Pariwisata Indonesia

"Sport tourism ini jadi lokomotif untuk masyarakat bergerak bukan hanya ekonominya tapi quality of tourism itu sendiri, yaitu menjadi sehat dan masyarakat menjadi bugar. Saya jadi salah satu trainernya. Jadi kan ini sudah H-128 menuju Berlin Marathon, saya sampai hapal," kata Sandiaga saat temu media di Hutan Kota GBK, Minggu (26/5/2024).

 

Salah Satu Tren Pariwisata

Tren olahraga sambil berwisata ini yang kemudian melahirkan istilah, sport tourism, sebagai salah satu tren pariwisata yang populer saat ini.

Saat ini, ada dua jenis sport tourism yang cukup umum. Pertama adalah hard tourism, sebagai acara perlombaan bersifat regular, seperti Asian Games, Sea Games, atau World Cup. Kemudian, ada juga soft sport tourism, yang dikenal dengan pariwisata olahraga dan berkaitan dengan gaya hidup (lifestyle), seperti bersepeda, berlari, hingga berselancar.

 

Coach Lari Menteri Kesehatan

Baca Juga: Sandiaga: Gen Z Berperan Penting Gaet Wisatawan

Ia kini menjadi coach lari buat rekannya yang juga sesama menteri, yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Sandiaga bercerita Menkes Budi tengah melakukan persiapan untuk mengikuti ajang maraton di Berlin.

Berlin-Marathon 2024 akan berlangsung pada tanggal 29 Sep 2024. Event ini sekaligus merayakan pelaksanaan marathon yang ke-50.

Maraton Berlin adalah acara lari dan olah raga utama yang diadakan setiap tahun di Berlin, Jerman. Jarak maraton resmi 42,195 kilometer (26 mil 385 yard). Even ini ditetapkan sebagai perlombaan jalan di seluruh kota di mana atlet profesional dan pelari amatir bersama-sama berpartisipasi.

Sebagai virgin marathon dan termasuk pelari pemula, Sandiaga mengatakan Budi Gunadi sangat ketat dengan rutinitas yang dijalaninya dan memiliki trainer khusus agar bisa mengikuti pola latihan yang tepat.

"Beliau (Menkes) sudah ada di pace yang tepat, dia juga menjaga banget heart rate-nya. Terakhir latihan sama saya kemarin di Bali, heart ratenya dijaga banget. Per minggunya juga dia selalu menjaga km-nya harus dapet," tutur Sandiaga.

Baca Juga: Pulau Flores Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Religi

 

Beberapa Menteri Antusias

Dalam kesempatan tersebut, dia mengatakan semakin banyak orang, termasuk beberapa Menteri antusias menjadikan lari sebagai tren gaya hidup. Agenda sport tourism atau wisata juga sudah mulai banyak ditemukan, yang menurutnya juga berdampak ke perekonomian negara.

"Sport tourism ini jadi lokomotif untuk masyarakat bergerak bukan hanya ekonominya tapi quality of tourism itu sendiri, yaitu menjadi sehat dan masyarakat menjadi bugar," tandasnya. n jk/erc/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU