Kenali Gejala Seal Master Kopling Mobil yang Mendadak Jebol

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 27 Mei 2024 13:50 WIB

Kenali Gejala Seal Master Kopling Mobil yang Mendadak Jebol

i

Ilustrasi. Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Sejumlah mobil dilengkapi transmisi manual sehingga komponen kopling masih sering dijumpai. Akan tetapi, permasalahan yang sering terjadi adalah minyak kopling ini dapat membuat pedal kopling bekerja lebih lebih halus dan enteng.

Hal itu berdampak pada mudahnya melakukan perpindahan gigi. Biasanya pada master koplingnya terdapat seal. Yakni di bagian tabung penampungan minyak kopling dan pistonnya.

Baca Juga: Ferrari Bakal Debutkan Mobil Listrik Perdananya, Ditaksir Mulai Rp 8 Miliaran

Tidak jarang, pedal kopling mengalami los di tengah jalan khusus yang tipe hidrolik. Jadi, ketika perangkat ini diinjak tidak mau menekan kopling dan pedal tidak bisa balik. Ditambah mobil manual yang jam terbangnya tinggi biasanya seal ini mengalami keausan. 

“Kalau kopling terasa ngempos saat diinjak, bisa salah satunya dari kebocoran seal,” kata Hermanto dari Hermanto Matic, spesialis transmisi, Senin (27/05/2024).

Pemilik Markas Oto Spesialis Nissan & Datsun Anom Budi Prasetiyo, mengatakan kopling jeblos disebabkan oleh master kopling bawah untuk tipe hidrolik. Disatu sisi, master kopling memang mudah mengalami jebol karena faktanya dia sering menerima mobil dengan permasalahan yang sama.

Baca Juga: Motor Cruiser CFMoto CLC450: Harga Terjangkau, Cocok Bagi Pecinta Moge

“Disarankan sih mengganti master kopling bawah dengan yang orisinal, itu lebih aman dan awet, bisa juga menggunakan master kopling orisinal mobil lain dengan melakukan sedikit penyesuaian,” ucap Anom.

Sementara itu, untuk mengetahui tips mengecek kebocoran kopling yang paling mudah adalah dengan memantau jumlah minyak kopling di master rem atas. Jika berkurang, tandanya ada kebocoran pada saluran minyak kopling, mengingat sistem ini merupakan sistem tertutup.

Jika ada tetesan atau cairan yang keluar saat pedal kopling diinjak, menandakan bagian tersebut telah bocor. Segera periksa saluran minyak kopling kalau memang terjadi kebocoran ya gaes.

Baca Juga: Bermesin V16 Hybrid Super Buas, Bugatti Tourbillon Dibanderol Rp 67 Miliar

Namun jika level minyak kopling tidak berkurang tetapi kopling suka ngelos saat diinjak, bisa menandakan sil pada piston master rem yang jebol.

Jika seperti ini, mau tak mau mesti dilakukan pembongkaran pada master kopling untuk mengganti sil piston yang rusak, atau sekalian ganti baru master koplingnya. jk-05/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU