Kia EV3: Mobil Listrik Ramah Lingkungan, Sekali Charge Bisa Tempuh Jakarta-Jogja

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 27 Mei 2024 14:04 WIB

Kia EV3: Mobil Listrik Ramah Lingkungan, Sekali Charge Bisa Tempuh Jakarta-Jogja

i

Kia EV3, mobil listrik compact SUV asal Korea Selatan. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Mobil produksi negeri ginseng, Korea Selatan, KIA resmi meluncurkan Kia EV3, mobil listrik compact SUV dengan desain eksteriornya mirip dengan Kia EV9. Yakni memiliki desain inovatif, tenaga listrik terdepan, serta solusi gaya hidup yang praktis dan inovatif.

"Hadirnya EV3 bertujuan untuk memperluas pengalaman berkendara konsumen dengan mobil  EV Kia. Dengan jangkauan berkendara hasil dari Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP) hingga 600 km dan kemampuan pengisian cepat”, jelas Ho Sung Song, Presiden dan CEO KIA, Senin (27/05/2024).

Baca Juga: Tampil Beda, Isuzu MU-X Terbaru Lebih Segar dan Sporty

Desain eksterior EV3, memadukan estetika dinamis dengan fungsionalitas. Di bagian depan, lampu depan vertikal dengan desain Tiger Face sebagai ikonik Kia yang tadinya ada di Kia Sonet, digabungkan dengan desain ciri khas mobil listrik yang punya permukaan yang clean sehingga punya kesan lebar.

Pada bagian samping tampak garis atap yang panjang, landai, dan ramping sampai pintu belakang dengan gaya hatchback. Lanjut ke bagian belakang desain lampu geometris yang disederhanakan yang menyatu dengan kaca belakang, menambah kesan futuristik.

Model EV3 juga menawarkan ruang bagasi terluas di kelasnya. Saat Jok belakang dilipat akan memberikan fleksibilitas muatan lebih dari 140 mm, sehingga praktis untuk aktivitas seperti perjalanan keluarga.

Baca Juga: Kontribusi Penjualan Daihatsu Kantongi 76 Ribu Unit, Didominasi Sigra

Yang menarik komponen yang disematkan pada Kia EV3 menggabungkan berbagai item ramah lingkungan. Kain daur ulang diaplikasikan pada dashboard dan trim pintu.

Lalu bahan Polyethylene terephthalate (PET), yang merupakan salah satu plastik yang paling mudah didaur ulang disematkan pada  area interior, termasuk jok, headliner, sandaran tangan pintu, alas lantai, dan penutup bagasi.

EV3 Standard mengusung  baterai berkapasitas 58,3 kWh, sedangkan EV3 Long Range dilengkapi dengan baterai 81,4 kWh. Kedua model ini menggunakan motor listrik 150 kW dengan torsi 283 Nm.

Baca Juga: Kawasaki Bocorkan Warna Baru Z900RS dan Z900RS Cafe Bergaya Retro

Dengan tenaga tersebut Kia mengklaim untuk akselerasi 0-100km per jam dengan waktu 7,5 detik. EV 3 punya kecepatan maksimum 170 km per jam. Sedangkan ketika baterai EV3 diisi ulang, dari 10-80 persen hanya membutuhkan waktu sekitar 31 menit.

Untuk varian EV3 Long Range dengan metode penilaian WLTP saat baterai penuh bisa menempuh start dari Ibukota Jakarta sampai kota Yogyakarta atau jarak 600 km. Sedangkan, untuk harga, mobil listrik terbaru KIA ini akan dijual dengan harga 35.000 USD atau Rp 562 juta, hingga 50.000 USD atau Rp 800 juta. jk-06/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU