Angkutan Khusus Bandara Dhoho Sepi, Pemkab Beri Intensif Naik Bus Gratis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 29 Mei 2024 10:13 WIB

Angkutan Khusus Bandara Dhoho Sepi, Pemkab Beri Intensif Naik Bus Gratis

i

Ilustrasi. Salah satu angkutan bus penjemputan penumpang di Bandara Internasional Dhoho Kediri. SP/ KDR

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri tampak menanggapi persoalan serius terkait berkurangnya armada angkutan darat menuju Bandara Internasional Dhoho Kediri.

Menanggapi situasi tersebut, Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kediri Nanang Pujianto mengatakan akan melakukan skema baru penambahan intensitas dan rute penerbangan di Bandara Internasional Dhoho Kediri dalam waktu dekat.

Baca Juga: Bandara Dhoho Buka Rute Balikpapan-Kediri

Skema yang akan di adopsi adalah, para pengusaha angkutan darat tersebut akan diberikan sebuah insentif. Tujuannya, agar mereka tetap beroperasi dan bisa melayani masyarakat dari dan ke bandara di Kabupaten Kediri tersebut.

“Ada (pengusaha angkutan) yang mengeluh, berangkat dari Tulungagung kosongan. Pulang ke Tulungagung cuma bawa empat penumpang,” jelas, Rabu (29/05/2024).

Baca Juga: Segera Angkat Kaki, Ratusan Warga Terdampak Akses Tol Ki Agung Bandara Dhoho

Namun, karena kondisi tersebut, perusahaan angkutan darat yang bersangkutan kembali mempertimbangkan efisiensi pelayanannya. Sehingga, kini hanya tersisa dua bus saja yang beroperasi.

Sementara itu, terkait pemberian intensif yang direncanakan, pihak Pemkab Kediri melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sukadi, mengatakan bahwa, skema insentif tersebut nantinya akan mirip dengan subsidi langsung ke pihak angkutan.

Baca Juga: Baru 3 Minggu Beroperasi, Moda Transportasi di Bandara Dhoho Sepi Order

Nantinya, penumpang dari Tulungagung yang akan ke bandara dikumpulkan di satu titik dalam waktu yang sudah ditentukan. Lalu, armada bus yang telah ditunjuk itu melakukan penjemputan akan langsung mengantar masyarakat tersebut ke bandara. “Penumpang tidak perlu membayar. Mereka bisa naik bus secara gratis,” ucap Sukadi.

Sehingga nantinya, dengan menggunakan layanan ini, masyarakat sudah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan bila menuju kota tujuan. “Mereka sudah memangkas biaya dari wilayahnya ke bandara. Ini bisa jadi daya tarik tersendiri untuk memilih terbang dari Kediri,” ungkapnya. kdr-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU