Gelaran Grebeg Suro Bakal Telan Rp 5,6 Miliar, Pacu Perputaran Ekonomi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 29 Mei 2024 10:52 WIB

Gelaran Grebeg Suro Bakal Telan Rp 5,6 Miliar, Pacu Perputaran Ekonomi

i

Gelaran Grebeg Suro di Ponorogo. SP/ PNG

SURABAYAPAGI.com, Ponorogo - Gelaran Grebeg Suro tahun 2024 kali ini bakal dipersiapkan meriah yang akan berlangsung pada 27 Juni hingga 6 Juli 2024 di Alun-alun Kabupaten Ponorogo dengan diperkirakan menelan anggaran hingga Rp 5,6 miliar.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko menjelaskan, event tahunan ini bakal digelar nyaris tanpa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Suntikan APBD tak sampai Rp 500 juta, sedangkan dana yang diperlukan Rp 5 miliar lebih.

Baca Juga: Hadirkan Fasilitas Nobar, Pemkab Bangun Videotron Senilai Rp 1,2 Miliar

“Berbeda dengan sebelumnya, gelaran Grebeg Suro tahun ini nyaris tanpa membebani APBD, ya tagline -nya kita rubah yang lebih keren -lah. Nanti akan diumumkan” ujarnya, Rabu (29/05/2024).

Bahkan, tahun ini, Grebeg Suro tidak hanya menawarkan Expo, Festival Reog Remaja, dan Festival Reog Nasional, tetapi juga akan menghadirkan pertunjukan Reog dari mancanegara, maka posisi Ponorogo dalam peta pariwisata budaya global akan semakin baik, serta pihak-pihak yang akan mendukung event ini. Ada sponsorship, pelaku UMKM dan sebagainya.

Baca Juga: Berkah Momen Kurban, Penjual Kambing di Ponorogo Banjir Orderan

“Sehingga tercipta simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan. Ada efek domino -nya (perputaran perekonomian) dari setiap rangkaian kegiatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disbudparpora Ponorogo, Sarwo Judha Slamet Edhie mengatakan, dengan tanpanya APBD, Grebeg Suro tetap terlaksana dan terselenggara.

Baca Juga: Viralnya Telaga Sarean, Destinasi Wisata Favorit Kalangan Muda

Sebagai informasi, event Grebeg Suro 2024 akan digelar pada pertengahan Juni dengan semaan Al-quran. Kemudian ada Festival Nasional Reog Ponorogo dan berakhir pada tutup bulan Suro. 

Lalu, kurang lebih akan ada 30 serangkaian kegiatan dalam perayaan Grebeg Suro. Kurang lebih akan berlangsung satu bulan penuh. Tentunya mengangkat kesenian, budaya, agama dan hobby. png-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU