Pelayanan Integrasi Administrasi Penduduk Gratis, Wujud Komitmen TMMD Ke-120 Sidoarjo yang Gemilang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 30 Mei 2024 09:38 WIB

Pelayanan Integrasi Administrasi Penduduk Gratis, Wujud Komitmen TMMD Ke-120 Sidoarjo yang Gemilang

i

Acara Sosialisasi dan Pelayanan Integrasi Administrasi Penduduk Gratis Jemput Bola Terpadu Sidoarjo yang Gemilang (JEBETE SAYANG). SP/ HIKMAH

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Acara Sosialisasi dan Pelayanan Integrasi Administrasi Penduduk Gratis Jemput Bola Terpadu Sidoarjo yang Gemilang (JEBETE SAYANG). Acara ini merupakan bagian dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-120 TA 2024 yang digagas oleh Kodim 0816/Sidoarjo dan dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sidoarjo.

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dispendukcapil, Bapak Drs. Reddy Kusuma, MA, dengan dihadiri oleh berbagai tokoh penting dan pejabat daerah, di antaranya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, Bapak Kayan, SH  Dandim 0816 Sidoarjo yang diwakili oleh Pasiter, Kapten Caj Lutfi, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo, Bapak Drs. Reddy Kusuma, MA beserta staf sebanyak 10 orang Pa Posko TMMD, Kapten Inf M Said, Perwakilan Polsek Balongbendo, Ipda Sugeng, Sekcam Balongbendo, Bapak Santoso, Kades Penambangan, Bapak Helmy Firmansyah, Sekdes dan perangkat Desa Penambangan serta warga Desa Penambangan yang hadir sekitar 150 orang. 

Baca Juga: Penyelesaian Paving Jalan Program TMMD Bawa Dampak Positif Warga Desa Penambangan

Acara dibuka oleh Bapak Arif Sumeru dari staf Dispendukcapil dan dilanjutkan dengan sejumlah sambutan dari para pejabat yang hadir. Sekcam Balongbendo, Bapak Santoso, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Kodim 0816 Sidoarjo atas kepercayaan yang diberikan untuk melaksanakan TMMD di Desa Penambangan, serta manfaat kerjasama dengan Dispendukcapil dalam kepengurusan identitas.

Kapten Caj Lutfi, Pasiter Kodim 0816 Sidoarjo, dalam sambutannya mengingatkan pentingnya pemanfaatan layanan Dispendukcapil untuk keperluan identitas penduduk, terutama bagi masa depan anak-anak yang ingin mendaftar TNI atau Polri. Kepala Dispendukcapil, Bapak Drs. Reddy Kusuma, MA, menekankan pentingnya kerjasama antara Dispendukcapil dan Kodim 0816 Sidoarjo dalam TMMD ke-120, serta menghimbau masyarakat untuk melaporkan kebutuhan identitas, terutama bagi warga dengan kebutuhan khusus.

Baca Juga: Warga Desa Penambangan dan Babinsa Bersinergi Tingkatkan Ketahanan Pangan Hasil TMMD

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, Bapak Kayan, SH, menyoroti nilai positif TMMD dalam pembangunan fisik dan non fisik masyarakat Desa Penambangan, serta pentingnya update data kependudukan. 

Lebih lanjut, Kades Penambangan, Bapak Helmy Firmansyah, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas TMMD yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Penambangan.

Baca Juga: Sukses TMMD ke-120 Bikin Margono Warga Desa Penambangan Terharu

Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pelayanan Dispendukcapil untuk warga Desa Penambangan, yang mencakup Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), pengurusan akta kelahiran, akta kematian, pindah keluar dan masuk, termasuk Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), serta layanan update dan informasi administrasi kependudukan (Adminduk).

Dengan adanya acara ini, diharapkan masyarakat Desa Penambangan dapat lebih mudah mengurus administrasi kependudukan dan memperoleh pelayanan yang lebih baik dari Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen TMMD Ke-120 dalam memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan masyarakat. hik/Lyn

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU