Pabrik Gula Semboro Optimis, Targetkan Giling Tebu 793 Ribu Ton

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 02 Jun 2024 10:43 WIB

Pabrik Gula Semboro Optimis, Targetkan Giling Tebu 793 Ribu Ton

i

Ilustrasi. Pabrik Gula Semboro di Jember, Jawa Timur targetkan produksi di musim giling 2024. SP/ JBR

SURABAYAPAGI.com, Jember - Di musim giling tahun 2024 kali ini,  PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) melalui Pabrik Gula (PG) Semboro Jember menargetkan penggilingan tebu sebanyak 793 ribu ton dan produksi gula konsumsi sebanyak 56 ribu ton.

“Tahun ini kami targetkan giling tebu 793 ribu ton dan produksi gula konsumsi 56 ribu ton,” ujar General Manager PG Semboro, Agus Budi Juwono, Minggu (02/06/2024).

Baca Juga: Hore, Petani di Jember Bakal Dapat 63.248 Ton Pupuk Bersubsidi

Agus juga mengatakan, meski dampak el nino pada tebu masih dirasakan hingga saat ini, pihaknya optimistis target tersebut dapat dicapai. Pasalnya, Target ini menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun 2023, di mana PG Semboro berhasil mencapai 43 ribu ton gula konsumsi dan menggiling 625 ribu ton tebu.

“Efek El Nino masih terasa, namun dengan perluasan area kebun tebu, kami yakin target dapat tercapai,” jelas Agus.

Selain fokus pada swasembada gula nasional, Dodik juga menekankan bahwa unit kerja pabrik gula SGN memberikan kontribusi bagi daerah masing-masing, seperti stimulasi ekonomi, penyerapan tenaga kerja, dan penyumbang PAD (Pendapatan Asli Daerah).

Baca Juga: Bayi Perempuan Dibuang di Ember Bekas Cat Usai Dilahirkan

Target Nasional: 13,5 Juta Ton Tebu dan 992 Ribu Ton Gula Kristal Putih. Pada tahun 2024, SGN menargetkan total giling tebu 13,5 juta ton dan produksi 992 ribu ton gula kristal putih.

“Selain pemenuhan kebutuhan gula konsumsi, SGN memberikan kontribusi sebagai stimulan ekonomi, menyerap tenaga kerja hingga menyumbang PAD di masing-masing daerah kerja,” ujar Dodik.

Baca Juga: Viral Penampakan Berlubang di Langit Jember, Warganet: Akan Ada Bencana Besar?

Ketua APTRI PG Semboro, Achmad Sutrisno, menyampaikan dukungannya dan berharap giling PG Semboro berjalan dengan lancar.

“Harapan kami, giling bisa berjalan dengan lancar. Untuk para petani, Ayo kirim tebu yang bagus, MBS (manis bersih segar) ke PG Semboro sehingga rendemennya bisa tinggi,” kata Achmad Sutrisno. jbr-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU