Dipenuhi Fans Cewek, Timnas Indonesia 'Main' Grogi, STY Marah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 02 Jun 2024 21:04 WIB

Dipenuhi Fans Cewek, Timnas Indonesia 'Main' Grogi, STY Marah

i

Timnas Indonesia dalam laga ujicoba melawan Tanzania, Minggu (2/6/2024) kemarin hanya bermain imbang tanpa gol di Stadion Madya Senayan, Jakarta.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menjelang menghadapi laga kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 6 dan 11 Juni 2024, Timnas Indonesia pada Minggu (2/6/2024) melakukan ujicoba melawan timnas Tanzania di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. Hasil ujicoba yang disebut Shin Tae-yong sebagai ajang memulihkan fisik pemain, Timnas Indonesia ditahan imbang Tanzania tanpa gol. Uniknya, baru kali ini, laga Timnas Indonesia di Stadion Madya Senayan, dipenuhi fans wanita.

Dari pantauan kontributor Surabaya Pagi di Stadion Madya Senayan Jakarta, laga Timnas kontra Tanzania ini dimulai pukul 16:00 WIB. Namun, sejak pukul 14:30 WIB, ribuan penonton sudah hilir mudik masuk ke Stadion.

Baca Juga: Bursa Taruhan Indonesia vs Filipina: Indonesia Ngevoor 1 Bola

Uniknya, baru kali ini, penonton Timnas Indonesia mayoritas ditonton para fans cewek. Bahkan, ada satu tribun dekat VIP, para penonton perempuan dengan menggunakan jersey timnas duduk rapi dengan sibuk memainkan ponsel pintarnya untuk mencari pemain pujaannya.

Padahal, sebelumnya, bila pertandingan Timnas digelar, stadion selalu dipenuhi penonton laki-laki.

Ini juga terlihat saat Jordi Amat Dkk memasuki lapangan dan jalannya pertandingan. Saat tim Merah Putih melakukan serangan suporter yang datang ke stadion pun langsung memberi dukungan. Dukungan ini sangat terasa karena teriakan terus terdengar baik saat tim Merah Putih diserang maupun menyerang.

Suporter memang sangat antusias meski pertandingan antara timnas Indonesia Vs Tanzania ini bukan laga resmi.

Yang paling mencolok, saat 1-2 pemain Timnas yakni Rafael Struick mendapat pelanggaran atau saat Nathan Tjoe-A-On masuk ke lapangan menggantikan Ivar Jenner. Suporter perempuan itu berteriak gemas sembari mengabadikan dengan ponsel pintarnya.

"Aaaaahhh... Duhhh, jangan dilanggar dong pacar gue," celetuk salah satu suporter perempuan saat Rafael Struick dilanggar pemain Tanzania.

Alhasil, selama 90 menit, pemain Timnas Indonesia gagal menjebol gawang Tanzania. Meski ada beberapa kali peluang yang hampir gol, digagalkan oleh mistar gawang. Seperti tandukan Shayne Pattynama di babak pertama dan sepakan Egy Maulana Vikri di babak kedua.

 

Baca Juga: Coach Shin Tae-yong Kesal, Timnas Kalah Karena Kesalahan Sendiri

STY Marah

Usai pertandingan, pelatih Timnas, Shin Tae-yong (STY) marah karena komunikasi antar pemain buruk.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengeluhkan ada beberapa masalah yang harus diperbaiki. Ia menyoroti soal sentuhan bola dan komunikasi para pemain timnas Indonesia di laga uji coba ini.

“Saya akan mengevaluasi performa para pemain di laga tadi, termasuk soal sentuhan bola yang kurang dan komunikasi juga,” ujar Shin Tae-yong seusai pertandingan.

Walaupun mengeluhkan soal beberapa hal kepada para pemain, ia menegaskan bahwa sebenarnya iterkait hasil ini tak terlalu penting.

Baca Juga: Jangan Gentar Garuda!

Hal ini karena sejak awal Shin telah menekankan bahwa ia tak terlalu mementingkan soal hasil melawan Tanzania ini.

Pasalnya, uji coba ini memang dimanfaatkan sebagai ajang uji coba melihat performa para pemainnya.

Ia ingin melihat kondisi parra pemain, terutama fisik mereka sebelum menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tim Merah Putih akan menghadapi laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak dan Filipina. Untuk itu, ini dimanfaatkan sebagai ajang menguji semua pemain. “Memang seperti apa yang dibicarakan sebelumnya, hasill tidak begitu penting,” kata Shin. rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU