Jelang Idul Adha, Harga Sapi di Pasar Hewan Ngawi Melonjak Drastis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 04 Jun 2024 11:09 WIB

Jelang Idul Adha, Harga Sapi di Pasar Hewan Ngawi Melonjak Drastis

i

Ilustrasi. Salah satu pedagang sapi di Pasar Hewan Ngawi, tepatnya di Desa Kandangan, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. SP/ NGW

SURABAYAPAGI.com, Ngawi - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H yang tinggal dua pekan lagi, harga jual hewan kurban, khususnya sapi di Pasar Hewan Ngawi, mengalami lonjakan drastis.

Bertempat di Desa Kandangan, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, kenaikan ini terjadi akibat stok sapi yang menipis, sementara permintaan hewan kurban melonjak drastis.

Baca Juga: Pedagang Angkringan Kelimpungan, Stok LPG 3 Kg Mulai Langka

harga sapi di pasar tersebut naik hingga Rp 2,5 juta per ekor. Kenaikan ini sudah terjadi sejak sepekan terakhir. Sebelumnya, harga sapi hanya berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per ekor

“Harga sudah naik mulai Rp 1 juta hingga Rp 2,5 juta. Pembeli juga meningkat sekitar 50 persen dan akan terus meningkat hingga H-5 Idul Adha,” ujar Suparni, salah satu pedagang sapi, Selasa (04/06/2024).

Baca Juga: Sapi Berbobot 2 Kuintal di Ngawi Tercebur ke Septic Tank, Begini Nasibnya

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi, Eko Yudo Nurcahyo mengatakan, pihaknya akan terus memantau harga dan ketersediaan hewan kurban di pasaran. Ia menghimbau kepada masyarakat agar membeli hewan kurban di tempat yang terjamin kesehatannya.

Selain itu, petugas dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi juga melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di pasar untuk memastikan sapi dan kambing yang dijual layak disembelih dan bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) serta LSD.

Baca Juga: Buka Sekali Selama 35 Hari, Pasar Djadoel Ahad Legi di Ngawi Laris Manis

Berdasarkan informasi, hingga saat ini, petugas tidak menemukan satupun sapi atau kambing yang terpapar PMK di pasar tersebut. Namun, pengawasan hewan kurban dari luar daerah akan terus dilakukan hingga Lebaran Idul Adha mendatang. Dan diperkirakan, permintaan hewan kurban akan terus meningkat hingga H-5 Lebaran Idul Adha. ngw-01/dsy 

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU