Home / Otomotif : Mobil Listrik Premium

Zeekr 009, Calon Mobil Mewah Orang Kaya Indonesia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 06 Jun 2024 12:08 WIB

Zeekr 009, Calon Mobil Mewah Orang Kaya Indonesia

i

Merek mobil listrik premium, Zeekr 009 kini sudah hadir di Indonesia. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Pabrikan otomotif asal China, yang kini meluncurkan mobil listrik premium, Zeekr 009 di Tanah Air yang diklaim bisa menjadi pesaing bagi Toyota Alphard dan menjadi mobil mewah orang-orang kaya di Indonesia.

Managing Director PT Premium Auto Prima, JinHong Lin Darwin mengungkap Zeekr merupakan MPV premium yang menggunakan platform SEA1. Secara dimensi, Zeekr 009, punya panjang, lebar, dan tinggi yang mirip-mirip MPV Toyota Alphard dan Toyota Vellfire.

Baca Juga: Resmi Meluncur, Motor Listrik Saige SG-Max Dibanderol Rp 25 Juta

"Kami merasa bangga dan terhormat bisa bermitra dengan Zeekr, pelopor dalam industri kendaraan listrik. Kolaborasi ini menegaskan komitmen kami, buat menghadirkan solusi otomotif premium, high-end dan ramah lingkungan ke Indonesia," jelasnya, Kamis (06/06/2024).

Kendati Zeekr adalah merek China di bawah Geely Holding Group, namun kualitas dan fitur yang ditawarkan Zeekr 009 tak bisa diremehkan begitu saja. Sebab mobil ini berbagi platform dengan mobil MPV premium Eropa, Volvo EM90. Hal ini bisa terjadi lantaran Geely telah mengakuisisi Volvo sejak tahun 2010.

Baca Juga: BYD dan CATL luncurkan baterai Pengisian Cepat 6C Akhir 2024

Di China, Zeekr 009 menggunakan dua motor elektrik, berpenggerak semua roda (AWD) dengan tenaga keseluruhan 544 PS (400 kW), serta torsi puncak 686 Nm. Performa segahar itu bikin MPV bongsor ini bisa ngacir dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 4,8 detik.

Mobil ini menggunakan dua varian baterai NMC, di mana versi 116 kWh bisa membuat mobil bergerak sejauh 702 km dengan penghitungan CLTC. Sementara varian 140 kWh mampu membikin mobil ini berlari sejauh 822 km (CLTC) ketika baterainya terisi penuh.

Baca Juga: Raihan Positif Penjualan Honda Naik 54% per Mei, Brio Paling Laris

"Di Indonesia sementara 7 seater sama 6 seater (yang akan masuk). Di China sendiri ada varian 4 seater yang Grand, itu super mewah malahan, di dunia sudah diakui setara kualitasnya dengan top of the range. Cuma yang 4 seater itu belum akan kita bawa ke Indonesia, karena baru launch di China. Jadi perlu waktu," bilang Darwin.

Sementara dari segi desain, Zeekr tampak modern dengan lampu depan berbentuk 'n' yang dilengkapi dengan grille berbentuk garis-garis vertikal. Bagian menarik lainnya di mobil ini adalah pada bagian velg-nya, di mana velg-nya menggunakan desain ala velg jari-jari. jk-02/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU