UNAIR Duduki Posisi 308 Perguruan Tinggi Terbaik di Dunia

author Lailatul Nur Aini

- Pewarta

Jumat, 07 Jun 2024 18:35 WIB

UNAIR Duduki Posisi 308 Perguruan Tinggi Terbaik di Dunia

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya -  Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil torehkan prestasi gemilang dengan menempati peringkat ke-308 perguruan tinggi atau universitas terbaik di dunia tahun 2024 ini. Hal terdapat didapat dari Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR).


Rektor Unair, Prof. Dr. Mohammad Nasih, mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas pencapaian ini. 

Baca Juga: Unair Terima 2.831 Maba Jalur UTBK, 528 Pemegang KIP


"Mencapai 500 top dunia saja sudah merupakan hal yang luar biasa. Sehingga sejak awal kami beranggapan bisa masuk 500 besar dunia sudah merupakan karunia yang sangat luar biasa, apalagi sekarang di posisi 308. Ini tentu prestasi yang sangat membanggakan," kata Nasih, kepada awak media di Gedung Manajemen di Kampus C Unair, Surabaya, Jumat (7/6/2024).


Menurutnya, peringkat Unair kali ini mengalami peningkatan signifikan, naik 37 tingkat dari posisi sebelumnya di peringkat ke-345.


Lebih lanjut, Nasih menargetkan agar Unair dapat terus memperbaiki posisinya di peringkat dunia. "Mudah-mudahan tahun depan, yang akan diumumkan pada bulan Juni 2025 tepat 10 tahun saya menjadi rektor, kita bisa mencapai posisi di bawah 300. Peringkat 299 atau 288 akan menjadi pijakan yang sangat bagus untuk kita semua," harapnya.

Baca Juga: Unair Berikan Gelar Guru Besar Kehormatan kepada Wakil Ketua MA


Meski demikian, Nasih menegaskan bahwa peringkat bukanlah tujuan utama Unair. Ia juga mengaku bahwa pencapaian ini lebih sebagai acuan untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas.


"Peringkat ini akan menjadi acuan bagi kita untuk melihat mana yang masih perlu dibenahi dan mana yang sudah cukup baik. Ini menjadi panduan bagi kita semua. Bukan soal posisi rangkingnya, tapi bagaimana posisi Unair dibandingkan dengan perguruan tinggi lain yang luar biasa kualitasnya. Alhamdulillah, capaian Unair cukup bagus," terang Nasih.


Sementara untuk terus meningkatkan posisinya, Unair berkomitmen menjaga kualitas tridarma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga: Geger Efek Samping Vaksin AstraZeneca, Pakar Ahli Epidemiologi UNAIR Ungkap Faktanya


"Kekompakan antara akademisi dan stakeholder sangat penting. Dengan kerja sama yang baik, kita bisa fokus dan mencapai hasil yang maksimal, seperti yang kita raih saat ini," tandasnya. 


Perlu diketahui, dalam dua tahun sebelumnya, peringkat dunia Unair juga menunjukkan tren peningkatan, dengan berada di posisi 369 pada 2022 dan 345 pada 2023. Ain

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU