Duet Khofifah-Emil, Digoyang PDIP

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 07 Jun 2024 19:32 WIB

Duet Khofifah-Emil, Digoyang PDIP

Gerindra, PAN, dan Golkar, Bersikukuh Usung Petahana Gubernur Jatim. Demokrat, Malah Tuding Parpol lain Kebingungan

 

Baca Juga: Usai Direkom Prabowo, Khofifah-Emil Datangi Kantor Golkar Jatim

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kini muncul wacana  Khofifah, bisa menerima calon wagub dari PDIP. Tapi PAN, yang sudah menyatakan dukungan untuk duet Khofifah-Emil Dardak, menolak mentah-mentah ide PDIP.

"Ketika Ibu Khofifah memutuskan untuk melanjutkan pengabdian di Jatim bersama-sama Mas Emil Dardak, kami langsung menyetujui dan langsung kami formalkan dukungan tersebut dalam bentuk SK DPP PAN kepada paslon Khofifah-Emil Dardak," kata Sekjen PAN Eddy Soeparno dalam keterangan, Jumat (7/6/2024).

Semalam, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto resmi mengumumkan dukungan partainya untuk pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024. Prabowo pun mengantar Khofifah menuju mobilnya usai memberikan dukungan itu.

Penyerahan dukungan ke Khofifah-Emil dilakukan di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024).

"Kami dari Partai Gerindra memutuskan untuk mengusung mencalonkan dan mendukung Ibu Khofifah dan Pak Emil Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur untuk periode 5 tahun yang akan datang dalam pemilihan bulan November tahun ini," kata Prabowo.

Prabowo mengatakan dirinya sudah berdiskusi dengan Khofifah dan Emil soal gagasan yang akan dibawa untuk Jatim dalam 5 tahun ke depan. Prabowo memuji Khofifah-Emil sebagai pemimpin yang sukses menyejahterakan masyarakat Jawa Timur.

 

Silakan Berspekulasi

Sehari sebelumnya, juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menegaskan bahwa partainya tetap mendukung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak untuk maju di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024.

Hal itu dia sampaikan merespons PDIP yang tengah melobi Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Golkar. Utusan PDIP minta  PAN mendukung Khofifah berpasangan dengan kader PDIP di Pilkada Jatim 2024.

"Silakan kalau yang lain berspekulasi punya niatan. Kita tahu pasangan ini sangat kuat ya di Jatim, dan banyaklah kemudian ingin katakanlah memecah belah pasangan ini," kata Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky, saat dikonfirmasi, Kamis (6/6/2024).

"Karena kalau mau dilawan dengan yang lain, ya mungkin sudah mulai kebingunan. Kira-kira bagaimana peluangnya mau menang. Berat sepertinya kalau lawan Khofifah dan Emil," sambungnya

 

Emil Tunggu Sikap Demokrat

Sementara, Waketum Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan urusan penugasan menteri menjadi kewenangan Prabowo Subianto selaku presiden terpilih.

"Kalau misalnya bicara tentang kriteria siapa yang layak menjadi menteri, ya, saya kira kita punya pandangan masing-masing. Bisa jadi memang mungkin Pak Emil sudah cukup layak jadi menteri, tapi kan persoalannya jadi menteri itu kewenangan presiden, kewenangan Pak Prabowo nanti," kata Doli kepada wartawan, Kamis (6/6/2024).

Di sisi lain, Doli mengungkit Emil merupakan kader Demokrat yang perlu menunggu sikap Demokrat jika ditugaskan menjadi menteri utusan partai. Namun, kata dia, Demokrat pun telah memutuskan penugasan Emil untuk kembali maju cawagub Jatim.

 

Detkan Khofifah-Emil, Final

Baca Juga: Final, Gerindra Jatim All Out Kawal Restu Prabowo Menangkan Khofifah-Emil di Pilgub

Soeparno, pimpinan Komisi VII DPR  menegaskan keputusan PAN duetkan Khofifah-Emil, sudah final. Dia mengatakan pihaknya telah mempertimbangkan capaian Khofifah-Emil di periode sebelumnya.

"Bagi PAN keputusan ini sudah final mengingat kami melihat duet ini mampu meningkatkan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Jawa Timur," kata Eddy.

"Bahkan ketika Ibu Khofifah digadang-gadang untuk masuk ke dalam kabinet pemerintahan yang akan datang, justru beliau istiqomah untuk melanjutkan sejumlah PR besar yang perlu dituntaskan di Jatim bersama mas Emil Dardak," lanjutnya.

Eddy meyakini keputusan DPP PAN untuk mendukung Khofifah-Emil akan berjalan lancar dan mendapatkan respons yang baik dari masyarakat.

"Kami menyadari bahwa politik itu dinamis, namun bagi PAN penetapan paslon Khofifah-Emil ini sudah melalui kajian dan analisis politik yang mendalam sehingga keputusan kamip kokoh mendukung 'dream team' ini," ujar Anggota DPR RI Dapil Jawa Barat III Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur ini.

 

PDIP Dorong Kader Partainya

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Said Abdullah mendorong kader partainya untuk menjadi calon wakil gubenur di Pilkada Jawa Timur. Dia mengatakan nama Emil Dardak sudah seharusnya menjadi menteri.

"Kami akan mendorong calon kami agar bisa mendapatkan tempat sebagai orang kedua. Emil Dardak itu kelasnya sudah menteri kali ya," kata Said kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (5/6).

Said berharap Khofifah bisa menerima calon wagub dari PDIP. Namun, dia mengatakan belum ada pembicaraan formal terkait hal itu.

"Mbak Khofifah ke mana-mana, Mas Emil Dardak ke mana-mana, semua di mana-mana yang penting nantinya endingnya adalah Mbak Khofifah bisa menerima calon PDIP sebagai orang kedua, kan yang penting itu. Kalau soal ke mana-mana di mana-mana kami pun ke mana-mana dan di mana-mana," ujar Said.

Baca Juga: Gegara Dimenangkan di Jatim, Gibran akan All-out Menangkan Khofifah-Emil

 

Khofifah-Emil, Kantongi 5

Sampai Jumat (7/6) Khofifah-Emil, sudah mengantongi rekomendasi resmi DPP dari lima partai. Kelima partai itu yakni Golkar, Demokrat, PAN, PSI, dan Perindo.

Jika lima partai itu dikalkulasi dalam kursi DPRD Jatim 2024-2029, maka totalnya adalah 32 kursi. Jumlah itu sudah melebih syarat mengusung paslon di Pilgub Jatim yang ditetapkan KPU yakni 20% dari kursi DPRD Jatim atau 24 kursi.

Sementara di PPP, rekomendasi sepaket baru sebatas dikeluarkan oleh DPW PPP Jatim, belum di tingkat DPP

Gerindra yang masih memberi rekom pada Khofifah saja.

Khofifah sebelumnya sudah menerima rekomendasi maju Cagub Jatim dari Gerindra. Hanya saja, rekom dari Gerindra baru sebatas Cagub Jatim 2024. Gerindra belum merestui Emil sebagai cawagub Khofifah.

Merespons hal itu, Khofifah menyebut sudah ada sinyal positif dari Gerindra terkait rekom sepaket dirinya dengan Emil Dardak.

"Mudah-mudahan as soon as possible," kata Khofifah usai menerima silaturahmi Wapres RI Terpilih 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka di kediamannya, Surabaya, Kamis (6/6/2024).

Khofifah mengatakan, sinyal positif dari Gerindra akan memberi rekomendasi sepaket sudah disampaikan oleh Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco.

"Kan Pak Dasco sudah menyampaikan tunggu waktu. 'Saya mau ke Jakarta ini," tambah Khofifah. n jk/erc/rko/cr4/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU