Gandeng Penggiat Lingkungan, Volunteer PLN UIT JBM Bersihkan Pesisir Pantai Kenjeran

author Arlana Chandra Wijaya

- Pewarta

Minggu, 09 Jun 2024 18:37 WIB

Gandeng Penggiat Lingkungan, Volunteer PLN UIT JBM Bersihkan Pesisir Pantai Kenjeran

SurabayaPagi, Surabaya - Bertepatan dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Lingkungan Hidup sedunia pada 5 Juni 2024, moment bersih pantai yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia juga dilakukan PLN Unit Induk Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) dengan membersihkan pesisir Pantai Kenjeran.

General Manager PLN UIT JBM, Amiruddin menyampaikan, kegiatan bersih pantai Kenjeran dilakukan melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). 

Baca Juga: Pasok Daya 170 MVA Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, PLN Dorong Hilirisasi Industri Tanah Air

“Bertajuk Green Employee Involvement, kegiatan bersih pantai dilakukan di pantai Kenjeran ini dilaksanakan oleh pegawai PLN UIT JBM serta UPT (Unit Pelaksana Transmisi) Surabaya bersama dengan penggiat lingkungan, komunitas Bank Sampah yang dihadiri agent of waste bank dari wilayah sekitar juga pelajar, serta Dinas Lingkungan Hidup Surabaya," tutur Amiruddin.

Amiruddin menjelaskan, Employee Volunteer Program Gerakan Bersih Pantai di Pantai Kenjeran ini selain sebagai wujud tanggung jawab sosial lingkungan korporasi pada pekerjaan di areal Suramadu. 

“PLN berkomitmen terus memastikan keandalan sistem transmisi untuk memenuhi kebutuhan listrik pelanggan, saat ini UPT Surabaya terus memastikan keandalan pasokan kelistrikan untuk Madura di areal Suramadu," ujarnya.

Selain itu, kegiatan bersih pantai bekerja sama dengan Bank Sampah sejalan dengan program Pemerintah dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

"atau dapat diartikan sebagai tujuan pembangunan berkelanjutan pada point 12 yaitu Konsumsi dan Produksi yang bertanggungjawab pada pengolahan sampah," terang Amiruddin memaparkan.

Baca Juga: Dukung Penggunaan Energi Ramah Lingkungan, PLN-KLHK Resmikan SPKLU Hingga Konvoi Motor Listrik

Amiruddin menyebut, aksi bersih-bersih pantai ini melibatkan pemisahan sampah menjadi organik dan anorganik.

“Sejumlah kurang lebih setengah ton sampah organik dan anorganik berhasil dibersihkan di sepanjang pesisir pantai Kenjeran. Sampah ini akan diolah menjadi produk-produk yang memiliki nilai ekonomis, sehingga selain membersihkan lingkungan, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar," ungkap Amiruddin.

Apresiasi positif disampaikan Kepala Bidang Kebersihan dan Pemberdayaan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Much Rokhim, ST. 

Baca Juga: PLN Berhasil Kumpulkan Sampah 302 Ton Lewat Program Green Employee Involvement

Dalam sambutannya, Much Rokhim menyampaikan terimakasih kepada PLN atas partisipasinya menunjukkan kepedulian kebersihan pantai yang menjadi ikon di Surabaya. 

"Harapannya masyarakat sekitar Pantai Kenjeran dapat melihat dan membuat warga lebih sadar untuk senantiasa menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya serta mulai memilah jenis sampah. Termasuk juga dapat aktif membersihkan pantai dari sampah yang berada di pesisir pantai,” tegasnya.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa kerja sama antara perusahaan, lembaga sosial, dan masyarakat dapat menciptakan perubahan positif bagi lingkungan kita. Semoga aksi ini dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk turut serta dalam menjaga dan merawat bumi kita tercinta. Byb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU