Menhub Ajak Masyarakat Gunakan Transportasi Massal

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 09 Jun 2024 19:31 WIB

Menhub Ajak Masyarakat Gunakan Transportasi Massal

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau transportasi massal dan mengajak masyarakat menggunakan transportasi massal untuk mengurangi kemacetan dan polusi.

Menhub Budi meninjau transportasi Transjakarta dimulai dari menaiki bus Transjakarta di Halte Busway Patra Kuningan hingga tujuan akhir di Halte Busway Ragunan.

Baca Juga: RI Bakal Impor 1 Trainset Kereta Otonom Buatan China

"Saya bersama dirjen saya yang baru (Direktur Jenderal Perhubungan Darat Risyapudin Nursin) mau memastikan bahwa angkutan massal perkotaan di Jakarta berjalan dengan baik," kata Menhub kepada wartawan saat berada di dalam bus Transjakarta yang melaju dari Patra Kuningan ke tujuan akhir Ragunan, Jakarta, Minggu (9/6).

Di kawasan Taman Margasatwa Ragunan, Menhub Budi berjalan berkeliling dan meninjau bus-bus pariwisata yang parkir di area tersebut.

Ia melakukan pengecekan acak kepada sopir bus dan kelengkapan surat mengemudi serta status lulus uji kendaraan bermotor atau KIR untuk memastikan kelaikan jalan bus dan sopir bus memiliki kelengkapan Surat Izin Mengemudi.

Baca Juga: Kemenhub Minta Tambahan Anggaran Rp 15,78 T

Sepanjang perjalanan Menhub Budi menyapa sejumlah warga yang menggunakan layanan Transjakarta, dan menyapa warga di kawasan Ragunan yang menggunakan bus pariwisata serta mengedukasi mereka agar memastikan kelaikan jalan bus sebelum bepergian demi keselamatan dan kenyamanan.

Ia ingin semua pihak memastikan bahwa masyarakat mendapatkan layanan angkutan yang andal dan nyaman.

"Ini angkutan massal yang murah dan para wali kota seluruh Indonesia ingat ya kita punya kewajiban kepada rakyat harus menggunakan angkutan massal supaya tidak macet tidak polusi apalagi sekarang di Jakarta banyak bis listrik," ujarnya.

Baca Juga: Soal Wacana Aturan Jual Beli Bus Bekas, Kemenhub Bakal Tindak Tegas Lagi

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi transportasi umum Rp4,3 triliun per tahun dengan rincian Rp800 miliar untuk Moda Raya Terpadu (MRT) dan Rp3,5 triliun untuk Transportasi Jakarta (TransJakarta) guna memudahkan mobilitas masyarakat dan mengoptimalkan penggunaan angkutan massal.

"MRT itu juga masih disubsidi, setahun Rp800 miliar," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menjadi pembicara dalam acara Hub Talk yang diinisiasi Kementerian Perhubungan Republik Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (29 September 2023). 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU