Tips Membersihkan Noda Kunyit di Karpet

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 10 Jun 2024 19:08 WIB

Tips Membersihkan Noda Kunyit di Karpet

i

Ada cara untuk menghilangkan noda kunyit di karpet.SP/JAKA

SURABAYAPAGI, Jakarta -  Ketika makanan berbahan kunyit seperti ini terjatuh atau menetes ke karpet, biasanya makanan tersebut akan meninggalkan noda berwarna kuning yang membandel bila dibiarkan mengering.

Nah, bagi kamu yang punya masalah seperti ini, kamu tidak perlu khawatir. Di bawah ini ada cara untuk menghilangkan noda kunyit di karpet kamu. berikut ringkasannya.

Dikutip dari rd.com, noda kunyit pada karpet adalah salah satu noda yang sangat sulit untuk dibersihkan, namun hal tersebut bukan berarti kamu harus menambahkan jumlah detergen untuk mencucinya. Justru bila kamu menggunakan detergen berlebih, warna alami dari karpet justru akan memudar.

Maka dari itu, untuk membersihkan noda membandel kunyit pada karpet jangan coba-coba untuk menggunakan detergen berlebih tapi cobalah untuk mengikuti cara di bawah ini.

Alat dan Bahan: - Penyedot debu, Tisu dapur (paper towel), Kain putih, Hidrogen Peroksida 3%, Botol Semprotan, Lampu/Senter UV hitam (UV black light), Pensil

Langkah-langkah:
1. Bersihkan residu kasar pada noda yang menempel di karpet dengan paper towel atau kain bersih. Atau bila noda tersebut berupa bubuk kunyit, kamu bisa coba membersihkannya dengan penyedot debu.

2. Basahkan noda dengan menyemprotkan hidrogen peroksida secara langsung.

3. Tembakkan sinar UV hitam ke arah noda kunyit selama 5 menit. Pastikan kamu menggunakan pensil untuk menyangga senter UV hitam agar tidak menempel langsung ke karpet. Guna dari sinar UV hitam ini adalah sebagai bleach untuk warna kunyit yang membandel pada karpet.

4. Setelah 5 menit, cek bila warna noda mulai memudar. Bila noda kunyit masih tersisa ulangi proses penembakan sinar UV hitam setiap 2 menit sambil menggosok lembut noda dengan tangan sampai noda menghilang sempurna. Pastikan kamu tidak menyinari noda tersebut secara berlebihan, karena sinar ini juga bisa membuat warna karpet menjadi pudar.

5. Setelah noda menghilang sempurna, keringkan karpet menggunakan kain putih bersih. Itu dia cara untuk membersihkan noda kunyit dari karpet, semoga setelah membaca ini kamu tidak perlu khawatir lagi ketika karpetmu kotor kena noda kunyit.jk/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU