Pedagang Sumringah, Puluhan Ekor Sapi di Jombang Laku Terjual

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 11 Jun 2024 14:11 WIB

Pedagang Sumringah, Puluhan Ekor Sapi di Jombang Laku Terjual

i

Ilustrasi. Pedagang sapi di Desa Tanggungan, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang Jawa Timur. SP/ JBG

SURABAYAPAGI.com, Jombang - Menjelang Hari Raya Idul Adha yang tinggal sepekan lagi semakin meramaikan hari raya kurban tersebut. Pasalnya, sebanyak 70 ekor sapi hingga 51 ekor domba dan kambing laris manis terjual di Desa Tanggungan, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang Jawa Timur.

Ahmad Dimyati (40), koordinator pendamping kelompok ternak sapi, kambing dan domba Desa Tanggungan menjelaskan, ada beberapa kelompok ternak yang tahun ini menjual hewan kurban, baik sapi, kambing maupun domba.

Baca Juga: Berkah Idul Adha, Kambing Jantan di Malang Laris Diserbu Pembeli

"Ada kelompok ternak yang kami dampingi di Desa Tanggungan, yakni kelompok ternak lembu sejahtera, lembu makmur dan kado jaya," kata Dimyati, Selasa (11/06/2024).

Saat ini hewan kurban tersebut diperiksa kesehatannya oleh Dinas peternakan Jombang, serta dilakukan penimbangan berat badannya. Hal itu dilakukan agar para pembeli hewan kurban mengetahui perkembangan hewan kurban yang sudah mereka beli sejak bulan Syawal kemarin.

"Hari ini kita ada cek kesehatan hewan, yang nanti didampingi tim keswan (kesehatan hewan) dinas peternakan dan juga ada penimbangan berat badan hewan kurban," ujarnya.

Baca Juga: Kambing Kurban Jumbo dari Tulungagung Sepi Peminat Jelang Idul Adha

"Biar tahu kami, perkembangan bobot hewan kurban setiap bulannya. Karena kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap bulannya. Sehingga pembeli itu bisa tau berapa bobot hewan yang mereka sembelih nanti," imbuhnya.

Sebagai informasi, untuk tahun ini, ada puluhan domba dan kambing yang dijual untuk kurban. Sedangkan untuk sapi ada puluhan ekor sapi yang disediakan namun sudah terjual ke pelanggan sejak beberapa bulan lalu. 

Baca Juga: Meski Lapak Hewan Kurban di Lamongan Menurun, Disnakeswan: Masih Surplus

"Sapi ada 70 ekor, untuk domba ada 80 ekor. Yang sudah terjual sekitar 67 sapi, kalau yang domba itu sudah terjual 51 ekor. Itu berada di beberapa kandang milik warga. Kalau yang 70 ekor sapi ada di kandang 60 kandang, kalau 80 domba serta kambing ada di 15 anggota," ujarnya.

Ia menegaskan dari puluhan ekor sapi kurban yang paling diminati pelanggan adalah sapi kurban dengan bobot 400 hingga 600 kilogram. Selain itu, pembeli hewan kurban di kelompok ternak Desa Tanggungan, juga bisa mendapatkan beberapa keuntungan. Salah satunya yakni pengecekan kesehatan hewan kurban, serta bebas biaya ongkir. jbg-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU