Eksperimen Jokowi Peringati 17 Agustusan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 11 Jun 2024 20:46 WIB

Eksperimen Jokowi Peringati 17 Agustusan

i

Istana Negara IKN, yang saat ini kondisinya sudah hampir 100 persen, dipastikan akan dipakai untuk upacara 17 Agustus 2024 mendatang yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Undang Tamu 6.800 Orang Termasuk Dubes dengan Prakiraan Negara Dibebani Rp44,8 Miliar

 

Baca Juga: Jokowi Sumbang 68 Sapi Mongol

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Baru era pemerintahan Jokowi, upacara resmi hari kemerdekaan 17 Agustus di selenggarakan di dua kota yang berbeda, di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dan Jakarta.

Hingga Selasa (11/6/2024) upacara secara hybrid secara bersamaan di IKN dan Jakarta itu belum matang pembahasan terkait pejabat-pejabat yang ikut dalam peringatan HUT RI di IKN.

Dipastikan ada yang berbeda dari Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus tahun ini. Termasuk hiburannya.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 sampai digelar di dua lokasi, karena masih dalam masa transisi pemindahan ibu kota.

Jokowi juga mengklaim persiapan upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN sedikit lagi rampung.

Kepala negara menyampaikan ini sesudah mengecek langsung lokasi di Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, awal Juni 2024 lalu.

 

Total Biaya Rp44,8 miliar

Kalau tak ada aral, 6.800 orang undangan Presiden Jokowi hadir dalam upacara 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

Ekonom UPN Veteran-Jakarta, Achmad Nur Hidayat mencoba otak-atik biaya yang harus dibayar negara untuk menunaikan ambisi Jokowi.

Ketemulah angka Rp6.600.000 juta per orang secara rata-rata. Angka itu berasal dari biaya pesawat, akomodasi, bea makan dan minum, serta pengamanan di IKN.

"Asumsinya menggunakan pesawat ekonomi dam akomodasi yang ditanggung tidak lebih dari 1 malam. Bila tamu yang diundang 6.800 orang maka beban negara tambahan untuk perayaan HUT ke-79 RI di IKN mencapai Rp44,8 miliar," ungkapnya.

Dana tersebut, kata Matnur, seharusnya dialokasikan untuk keperluan yang lebih mendesak dan bermanfaat dalam jangka panjang

 

Baca Juga: Pengusaha Korsel Temui Jokowi di Istana

Presiden Jokowi Pimpin Upacara

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan Presiden Joko Widodo bakal memimpin upacara di IKN Nusantara. Sementara Wakil Presiden Maruf Amin akan berada di Jakarta.

Hal ini diketahui usai Muhadjir dan beberapa jajaran kementerian lembaga lainnya melakukan rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Sebagian di IKN sebagian di Jakarta. Di sini ada hiburan di sana ada hiburan, hybrid.

"Pak Wapres yang di sini (Jakarta), IKN insyaallah pak Presiden langsung, pak Presiden memimpin," tambah Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2024).

 

Hadirkan Mantan-mantan Presiden

Presiden dan Wakil Presiden terpilih juga bakal ikut dalam gelaran Upacara Hari Kemerdekaan.

Pertama, Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih akan ikut ke IKN bersama Jokowi, kemudian Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden terpilih akan upacara di Jakarta bersama Maruf Amin

Baca Juga: Politik Balas Budi Jokowi, Staf Bahlil Tangkis!

"Nanti pak Wapres terpilih dampingi wapres, presiden terpilih akan dampingi Presiden," ungkap Muhadjir.

Soal siapa saja peserta upacara yang akan menghadiri acara di IKN, Muhadjir mengatakan belum ada kesepakatan untuk hal tersebut. Pemerintah masih menggodok skemanya, termasuk untuk kehadiran mantan-mantan presiden.

"Itu masih diusulkan. Tadi pak Presiden rekomendasikan pokoknya harus jadi perhatian para tokoh-tokoh itu apakah di sini dan IKN," papar Muhadjir.

"Belum ada list, mungkin akan dipecah dua," pungkas Muhadjir ketika ditanya apakah sudah ada pejabat yang mengkonfirmasi hadir pada gelaran Upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

 

Kirab Bendera Naik Pesawat

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudian Wahyudi mengatakan bendera pusaka Merah Putih akan dikirab dari Monumen Nasional, Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur pada peringatan HUT Ke-79 RI.

Yudian menjelaskan bahwa proses kirab dilakukan menggunakan pesawat udara dari Monumen Nasional. n jk/erc/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU