Tingkatkan Infrastruktur, Pemdes Gedangrowo Betonisasi Jalan Lingkungan

author Juma'in Koresponden Sidoarjo

- Pewarta

Rabu, 12 Jun 2024 15:47 WIB

Tingkatkan Infrastruktur, Pemdes Gedangrowo Betonisasi Jalan Lingkungan

i

Bangunan jalan betonisasi di RT 04 RW 02 Desa Gedangrowo, Kecamatan Prambon. SP/JUM

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Pemerintah Desa (Pemdes) Gedangrowo, Kecamatan Prambon, Sidoarjo, mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk pembangunan infrastruktur desa, utamanya peningkatan jalan lingkungan. Kini, hampir semua jalan lingkungan dalam keadaan mulus.

Selamet Riadi, Kepala Desa (Kades) Gedangrowo  menyampaikan, desanya memiliki dua dusun, yakni Dusun Gedangrowo dan Dusun Gedangpulut. Kondisi pertanian dan perekonomian di dua Dusun itupun meningkat.

Baca Juga: KPUD Sidoarjo Sosialisasi Menyusun Visi, Misi, dan Program Berdasarkan RPJPD

Semua diprioritaskan peningkatan pembangunan kualitas jalan lingkungan yang semula jalan paving,  menjadi jalan rabat beton.

Tahun kemarin, prioritas pembangunan jalan rabat beton di Dusun Gedangrowo RT 04 RW 02, sepanjang 115 meter lebar 3,5 meter. 

“Selain jalan sebelumnya berupa paving sudah rusak, jalan lingkungan di Dusun Gedangrowo itu saat ini sudah di bangun betonisasi,” ujar Slamet Riadi, saat ditemui Surabaya Pagi, di kantornya, Selasa (12/06/2024).

Baca Juga: Rembuk Stunting, Wujud Serius Tingkatkan Gizi Seimbang Anak di Desa Penatar Sewu

Selain bisa menuju area persawahan, jalan lingkungan di Dusun Gedangrowo itu juga sebagai akses jalan tercepat menuju jalan ke kantor desa dan kecamatan prambon.

Kini, jalan lebih memadai hingga warga menjadi nyaman melintas. Termasuk mobilitas warga sekitar sehari-hari. 

Seluruh pengerjaan pembangunan jalan rabat beton dilaksanakan secara swakelola oleh Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Gedangrowo.

Baca Juga: DPRD Jatim Dorong Disbudpar Pengembangan Wisata Kreatif Desa Nelayan di Sidoarjo

Ke depan, peningkatan kualitas jalan akan dilakukan secara merata dan berdasar skala prioritas sesuai dengan hasil keputusan Musyawarah Desa (Musdes).

“Seluruh pembangunan di desa selalu kami rundingkan dengan seluruh jajaran dan lapisan masyarakat, karena pada dasarnya kepentingan warga adalah yang paling utama,” pungkas Slamet. jum

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU