Home / Ekonomi dan Bisnis : Tak Kunjung Tarik Investor Asing ke IKN

Mahfud MD Ledek Menteri BKPM Bahlil

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 12 Jun 2024 20:21 WIB

Mahfud MD Ledek Menteri BKPM Bahlil

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Ini contoh bila seorang Menteri sudah "resign" dari kabinetnya Jokowi. Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD memberikan meledek pernyataan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia di sebuah media nasional.

Bahlil awalnya mengakui sampai Juni 2024, masih belum ada investasi asing masuk ke ibu kota nusantara (IKN).

Baca Juga: Bertemu MBZ, Jokowi Bahas Investasi IKN, Ojo Kesusu Pak!

"Oooh sampai saat ini belum ada ya? Cari terus, Mas Bahlil," kata Mahfud melalui akun Twitter resminya @mohmahfudmd, menanggapi pemberitaan terkait hal tersebut, Rabu (12/6/2024).

Mahfud juga mengatakan bahwa jika penanam modal asing (PMS) yang akan masuk IKN ditargetkan setelah 17 Agustus, menurutnya target waktunya perlu diperjelas.

"Setelah 17 Agustus itu perlu jelas deadlinenya. Bisa 6 bulan lagi, bisa 2 tahun lagi, bahkan entah sampai kapan," lanjut Mahfud, seperti meledek.

Sebelumnya dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VI DPR RI, Bahlil memang sempat dicecar oleh anggota DPR terkait belum adanya investor asing di IKN. Sejumlah anggota DPR mempertanyakan hal tersebut, pasalnya Bahlil beberapa kali yakin investor asing akan banyak masuk ke IKN.

Baca Juga: Presiden Jokowi Mulai Sering Curhat Soal IKN

"Beberapa raker sebelumnya, termasuk 2 raker terakhir, Pak Menteri dengan keyakinan penuh mengatakan bahwa akan banyak sekali investasi asing masuk ke IKN. tetapi faktanya sampai sekarang tidak ada satupun saya mendengar ada investasi asing yang sudah merealisasikan investasinya di IKN," kata Harris, dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Menteri Investasi/Kepala BKPM di Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

 

Bahlil Bilang Sudah Komunikasi

Baca Juga: Polisi Hanya Tegur Viral Video Bule yang Plesetkan IKN jadi Ibu Kota Koruptor Nepotisme

Bahlil pun menanggapi pertanyaan-pertanyaan dari anggota DPR terkait investor asing di IKN. Bahlil mengatakan untuk PMA akan masuk pada tahap kedua, sementara ini pembangunan di IKN sedang difokuskan pada tahap pertama.

"Kalau ditanya kenapa belum ada investasi asing? Desain kita itu adalah, cluster pertama ini selesai, yang disebut dengan jalan utama ya, lingkaran satu, sudah selesai, baru masuk investasi asingnya itu di lingkaran kedua, tahap kedua," jelas Bahlil.

Bahlil mengatakan pembangunan infrastruktur tahap pertama sedang dipercepat agar investor asing bisa masuk. Dia juga mengatakan sejauh ini investor asing sudah melakukan komunikasi. Namun, pihaknya baru bisa memastikan investor asing masuk ke IKN setelah 17 Agustus 2024. n erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU