Power Steering Bermasalah, Hyundai Recall 795 Tucson dan Santa Cruz

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 13 Jun 2024 09:34 WIB

Power Steering Bermasalah, Hyundai Recall 795 Tucson dan Santa Cruz

i

SUV Hyundai Tucson. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Jenama mobil asal Korea Selatan, Hyundai baru saja menarik (recall) sebanyak 795 di seluruh dunia untuk dua model SUV populernya, Tucson dan Santa Cruz, model tahun 2024.

Penarikan dua SUV mewah tersebut lantaran dua model ini berpotensi mengalami masalah pada sistem power steering. Hal ini tentu menimbulkan risiko keselamatan yang signifikan bagi pengemudi dan penumpang.

Baca Juga: Unik, Kijang Innova Zenix Hybrid FFV Berbahan Bakar Singkong

Diketahui, masalah ini disebabkan oleh papan sirkuit (PCB) yang terkontaminasi fluks pada sistem power steering. Dengan begitu, akan semakin meningkatkan kemungkinan terjadinya korsleting, yang dapat mengakibatkan tidak berfungsinya sistem power steering.

Baca Juga: Tekiro Kenalkan Jumper Aki Portabel ‘Anti Ribet’, Cuma Rp 825 Ribu

“Hilangnya bantuan power steering secara tiba-tiba dan tidak terduga selama pengoperasian kendaraan dapat meningkatkan risiko kecelakaan,” kata pihak berwenang, dilansir Antara dari Carscoop, Kamis (13/06/2024).

Sementara itu, untuk menangani permasalah itu, pihak Hyundai akan mengganti paket power steering secara gratis untuk model yang terdampak. Pemilik kendaraan akan menerima pemberitahuan resmi pada Agustus 2024.

Baca Juga: Harley Davidson Luncurkan Hydra Glide Revival yang Legendaris

Sebagai informasi, sebelumnya Hyundai mengungkapkan pihaknya menemukan lima kendaraan yang mengalami malfungsi di pusat pemrosesan pada pertengahan Mei. Penemuan ini memicu recall kendaraan tersebut. Hyundai juga melaporkan dua insiden terkait dengan kendaraan yang sudah dijual ke konsumen, meskipun tidak ada laporan kecelakaan. jk-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU