RI Bakal Impor 1 Trainset Kereta Otonom Buatan China

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 13 Jun 2024 19:36 WIB

RI Bakal Impor 1 Trainset Kereta Otonom Buatan China

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkap perkembangan terbaru terkait rencana impor rangkaian kereta (trainset) dari China untuk kereta otonom atau autonomous rail transit (ART) di Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menjelaskan, untuk tahap awal, pihaknya berencana untuk mengimpor satu rangkaian kereta otonom yang terdiri atas tiga gerbong atau kereta. Trainset tersebut rencananya akan digunakan selama masa uji coba operasi kereta otonom yang ditargetkan pada Agustus 2024 mendatang.

Baca Juga: Menhub Ajak Masyarakat Gunakan Transportasi Massal

Meski demikian, Risal tidak memerinci besaran dana yang dibutuhkan untuk impor atau target kedatangan rangkaian tersebut. Dia mengatakan, impor rangkaian kereta otonom ini rencananya hanya akan dilakukan pada tahun pertama.

"Untuk tahap awal mungkin satu trainset dulu, rencananya [impor] hanya di tahun pertama. Pada tahun kedua kita minta TKDN [tingkat komponen dalam negeri], buat pabrik di Indonesia," kata Risal di Makassar, Sulawesi Selatan pada Kamis (13/6/2024).

Baca Juga: Kemenhub Minta Tambahan Anggaran Rp 15,78 T

Risal menambahkan, uji coba kereta otonom tersebut juga merupakan salah satu bentuk proof of concept (PoC) yang diajukan Kemenhub ke Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Dia menuturkan, melalui uji coba tersebut, nantinya pihak akan menilai kelaikan proyek ini untuk dibangun di IKN. 

Baca Juga: Soal Wacana Aturan Jual Beli Bus Bekas, Kemenhub Bakal Tindak Tegas Lagi

"Kita minta China melakukan showcase kereta otonom di IKN dan dalam showcase itu dilakukan proof of concept oleh OIKN," jelas Risal. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU