Libur Idul Adha, Peziarah Wisata Religi Makam Gus Dur Melonjak 3 Kali Lipat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 19 Jun 2024 10:34 WIB

Libur Idul Adha, Peziarah Wisata Religi Makam Gus Dur Melonjak 3 Kali Lipat

i

Suasana ramainya wisata religi makam Gus Dur i Ponpes Tebuireng, Jombang di momen Idul Adha 2024. SP/ JBG

SURABAYAPAGI.com, Jombang - Libur panjang Idul Adha 2024 banyak dimanfaatkan sebagian orang untuk berwisata religi makam Gus Dur di Ponpes Tebuireng, Jombang. Bahkan diketahui, di momen tersebut Peziarah yang datang bertambah tiga kali lipat dibandingkan hari-hari biasanya. 

Tampak ratusan peziarah datang silih berganti untuk berziarah ke makam Gus Dur. Tua, muda hingga anak anak tampak khusyuk mengikuti doa dan tahlil yang dilaksanakan secara rombongan.

Baca Juga: Migor Mahal Tembus Rp 16 Ribu per Liter, Perajin Tahu di Jombang Terpuruk

Menurut Pengasuh Ponpes Tebuireng Putri KH Fahmi Amrullah Hadziq (Gus Fahmi), pada hari biasa jumlah peziarah sekitar 3.000 orang per hari. ”Idul Adha seperti ini bisa lebih dari 15.000 peziarah,’’ ujarnya, Rabu (19/06/2024).

Lebih lanjut, momen Hari Raya Idul Adha tak hanya tak hanya bermanfaat untuk warga muslim di sekitar makam Gus Dur, namun juga memberi dampak perekonomian bagi masyarakat sekitar.

Baca Juga: Truk Terguling di Median Tol Jombang

”Karena banyak yang berjualan di sepanjang jalan menuju makam Gus Dur,’’ tambahnya.

Tak hanya makam Gus Dur, ada juga Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari Jombang yang berada satu kompleks dengan Wisata Religi Makam Gus Dur juga berdampak positif bagi peziarah. Salah satunya, meningkatkan pengetahuan seputar Gus Dur dan perjuangan KH Hasyim Asy'ari.

Baca Juga: Petani Blewah di Jombang Menjerit, Imbas Hujan Harga Anjlok Rp 1.500 per Kilogram

”Didukung koleksi dan barang-barang peninggalan Mbah Hasyim sebagai bahan edukasi untuk peziarah,’’ tambahnya lagi. jbg-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU