Home / Otomotif : Bakal Saingi Aston Martin Vantage dan Mercedes-AMG GT

Lexus Rencana Luncurkan Mobil Sport Penerus Lexus LFA yang Legendaris

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 19 Jun 2024 14:05 WIB

Lexus Rencana Luncurkan Mobil Sport Penerus Lexus LFA yang Legendaris

i

Lexus Electrified Sport Concept siap melenggang di gelaran Goodwood Festival of Speed. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Pabrikan mobil mewah Toyota, Lexus bakal meluncurkan supercar pesaing Aston Martin Vantage dan Mercedes-AMG GT, yang ditenagai mesin V8. Kabar-kabarnya, moniker Lexus LFR, akan menjadi penerus mobil balap legendaris Lexus LFA bermesin V10.

Toyota memamerkan mobil konsep GT3 GR yang telah berevolusi menjadi prototipe yang sempat terlihat dipacu di sirkuit Spa-Francorchamps Belgia dengan berselimut kamuflase. Ini membuat konsep GT3 GR yang dispekulasikan sebagai Lexus LFR kemungkinan akan menghadiri ruang pamer dalam dua tahun ke depan.

Baca Juga: Mercedes-AMG GT 63 Pro 4Matic+ Tampil Sporty Bertenaga Supercar

Menurut laporan Autocar, Toyota sebelumnya juga mengatakan bahwa mereka akan terus "mengkomersialkan mobil sport daripada hanya mengadaptasi kendaraan produksi untuk digunakan dalam motorsport." Itu artinya tidak akan lagi ada metode mengasah hot hatchback seperti GR Yaris untuk bersaing di kompetisi reli.

Dari tes pada prototipe berkamuflase yang melintasi Spa-Francorchamps, terdengar mesin V8 yang dilaporkan bernafas melalui twin-turbo. Kemudian versi homologasi jalan rayanya diharapkan akan berbagi mesin tersebut dengan sokongan sistem hybrid.

Belum ada spesifikasi balap yang dirilis. Namun, jika menakarnya dari regulasi GT3, mobil diharuskan menghasilkan tenaga sekitar 500-600 tenaga kuda dan berat tak lebih dari 1.300 kg.

Baca Juga: Scomadi Turismo Technica Edisi Spesial, Tersedia Hanya 100 Unit

Bos Gazoo Racing, Masahito Watanabe juga berbicara bahwa grup Toyota masih meyakini mesin pembakaran untuk mengembangkannya secara "multi-jalur". "Kami masih menganggap mesin pembakaran internal memiliki beberapa potensi, dan tentu saja kami akan berusaha untuk mematuhi semua aturan yang berlaku sesuai wilayah di masing-masing negara," ujar Watanabe, Rabu (19/06/2024).

Sebagai informasi, Lexus telah mempensiunkan coupé RC dan LC miliknya dan belum memiliki rencana penerus di lini mobil sportnya. Namun, Lexus sempat memamerkan konsep Electrified Sport pada tahun 2021 yang menekankan komitmen berkelanjutannya terhadap mobil performa. 

Baca Juga: Tahun Depan, Genesis GV60 Magma Concept Masuk Tahap Produksi

Konsep ini adalah model yang berbeda dengan GR GT3, untuk memasangkan penggerak bertenaga listrik ke dalam fondasi monocoque fiber carbon yang sama dengan milik GR GT3.

Selain itu, siluet kabin belakangnya juga mirip, yang akan membuat Lexus memiliki dua supercar yang saling memiliki hubungan erat dalam lima tahun ke depan, meski akan berbeda dalam sistem powetrainnya. jk-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU