Daftar Cryptocurrency dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar 2024

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 19 Jun 2024 10:30 WIB

Daftar Cryptocurrency dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar 2024

i

Ilustrasi crypto.

SURABAYA PAGI, Jakarta- Bagi investor cryptocurrency pergerakan nilai dan jumlah aset crypto menjadi perhatian yang sangat penting. Sehingga tak sedikit dari mereka yang selalu memantau kapitalisasi pasar atau market cap dari aset crypto yang beredar.

Naik turun dari pergerakan nilai pada dunia cryptocurrency merupakan hal yang biasa. Bahkan beberapa pakar memprediksi bahwa mata uang crypto akan terus berkembang pesat. Untuk tahun 2024 diharapkan menjadi tahun spesial, karena diperkirakan akan mencapai level tertinggi.

Baca Juga: Market Crypto Dunia Berimbas ke CAD

Dari beberapa data memperlihatkan Bitcoin diperkirakan akan mencapai level tertinggi baru di sekitar level $88,000 dimana sebelumnya berada di $79,000. Salah satu platform yang memberikan informasi kapitalisasi pasar adalah CoinMarketCap.

Bahkan salah satu fitur utama CoinMarketCap adalah pemeringkatan aset crypto berdasarkan kapitalisasi pasar. Seperti peta, fitur ini merupakan panduan berguna bagi investor baru dan berpengalaman untuk mengidentifikasi koin dan sinyal terbaik di pasar.

Berdasarkan informasi yang disediakan oleh platform tersebut, maka kamu bisa belajar crypto pemula yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memutuskan terkait trading atau investasi mana yang dapat memberikan keuntungan.

Ada beberapa aset crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar pada bulan Juni 20204. Namun sebelum membahasnya, maka alangkah bijaknya kamu mengetahui apa itu market cap.

Apa itu MarketCap?
Market capitalization atau kapitalisasi pasar merupakan sebuah metrik untuk melihat nilai pasar dari sebuah proyek crypto. Ini merupakan jumlah hitungan dari token yang beredar saat ini dan harga setiap token (nilai token X jumlah token yang beredar).

Kapitalisasi pasar berfungsi sebagai indikator aset crypto mana yang sedang mendominasi dan memiliki popularitas tinggi di mata investor. Artinya semakin tinggi harga suatu mata uang crypto, maka akan semakin besar dominasi aset crypto tersebut di pasar.

Sekedar informasi dalam menghitung nilai pasar dalam cryptocurrency tentunya berbeda dalam menghitung kapitalisasi pasar yang digunakan untuk menghitung nilai suatu perusahaan. Jika nilai pasar suatu perusahaan dihitung dengan mengalikan harga pasar saham dengan jumlah saham yang beredar.

Oleh karena itu, kapitalisasi pasar adalah harga yang dapat dibeli perusahaan secara penuh.
Sementara itu ada perdebatan mengenai apakah kapitalisasi pasar dapat digunakan untuk semua proyek crypto.

Hal ini terjadi karena berbagai faktor yang terkait dengan kapitalisasi pasar yang sepenuhnya terdilusi (nilai total suatu proyek di pasar saat ini jika kita berasumsi bahwa semua aset sudah didistribusikan di 'pasar), pasokan dan pasar yang terdistribusi, dan proyek dengan token yang tidak terbatas ditandai.

Oleh karena itu, beberapa analis mengatakan bahwa perhitungan kapitalisasi pasar seringkali tidak akurat dan tidak dapat digeneralisasikan ke semua proyek crypto.

Dilansir dari coinmarketcap, saat ini, Bitcoin dan Ethereum merupakan dua mata uang crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar, yakni $370 miliar dan $164 miliar dolar AS. Harga pasar juga mencerminkan harga kedua token tersebut, yaitu sekitar $19,000 untuk BTC dan $1,3K untuk ETH.

Selain Bitcoin ada juga aset crypto lain yang meningkat pesat seperti Binance. Pada 9 Juni 2024, misalnya, satu koin BNB bernilai lebih dari 673,32 dolar AS dimana tahun 2021 hanya bernilai 600 dollar. Pertukaran bnb to idr juga akan semakin meningkat.

Daftar Aset Crypto dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar

Ada beberapa aset crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar pada tahun 2024, termasuk cryptocurrency yang sudah mapan seperti Bitcoin dan Ethereum, atau pemain baru yang mendapatkan popularitas.

Dilansir dari coinmarketcap, pemeringkatan dalam daftar ini didasarkan pada kapitalisasi pasar mata uang crypto atau total nilai mata uang crypto. Kapitalisasi pasar dihitung dengan mengalikan harga per koin dengan total peredaran.

1. Bitcoin (BTC)

Bitcoin merupakan mata uang crypto pertama dan paling terkenal, tetap berada di posisi teratas pada tahun 2024. Dimulai pada tahun 2009 sebagai perangkat lunak sumber terbuka, pelopor teknologi blockchain Bitcoin, dan uang digital terdesentralisasi.

Dilansir Coinmarketcap, Bitcoin diperkirakan akan mencapai harga US$83.000 pada akhir 2024. Standard Chartered Bank menyatakan bahwa Bitcoin akan mencapai nilai USD 100.000 atau setara Rp 1,5 miliar pada akhir 2024.
Bitcoin (BTC) Bitcoin mengambil posisi tinggi di harga US$43.670. Dalam tujuh hari terakhir, harga Bitcoin menguat 12,8% dan transaksinya mencapai $32 miliar. Kapitalisasi pasar Bitcoin juga mencapai $854 miliar.

2. Ethereum (ETH)

Sebagai mata uang crypto terbesar kedua, Ethereum telah menetapkan dirinya sebagai pemimpin pada kapitalisasi pasar crypto. Diluncurkan pada tahun 2015, Ethereum membangun inovasi Bitcoin dengan memungkinkan pembuatan kontrak pintar dan aplikasi terdesentralisasi (dApps) tanpa campur tangan pihak ketiga.

3. Koin Binance (BNB)

BNB (Binance Coin) adalah mata uang crypto yang digunakan pada platform pertukaran Binance. Dimulai dengan penawaran koin pertama pada tahun 2017, BNB kini menjadi salah satu mata uang crypto teratas pada tahun 2024. BNB memiliki persediaan maksimum 200 juta koin.

4. Tether (USDT)

Tether adalah koin stabil dalam mata uang dolar AS, dan setiap token USDT bernilai $1. Stablecoin adalah mata uang crypto yang dirancang untuk mengurangi volatilitas dibandingkan dengan mata uang crypto tradisional seperti Bitcoin.
Tether memungkinkan pengguna mendapatkan keuntungan dari kecepatan dan efisiensi transaksi mata uang crypto sambil menghindari fluktuasi harga.

5. Solana (SOL)

Solana adalah salah satu cryptocurrency dengan pertumbuhan tercepat pada tahun 2024. Dijuluki “Ethereum Killer,” Solana adalah blockchain dengan skalabilitas tinggi yang dapat memproses hingga 50,000 transaksi per detik.
Solana mengelola kecepatan tinggi dengan menggunakan kombinasi bukti sejarah dan verifikasi bukti kepemilikan untuk memproses transaksi secara bersamaan.

6. Polygon (MATIC)

Sebagai salah satu platform terkemuka untuk meningkatkan skalabilitas dan interoperabilitas ekosistem Ethereum, Polygon (MATIC) memainkan peran penting dalam memecahkan masalah kemacetan dan biaya tinggi di jaringan ETH.

Dengan membuat berbagai aplikasi dan layanan bekerja secara efisien dan efektif, Polygon tidak hanya membantu mengurangi tekanan pada mainnet Ethereum, namun juga mempercepat kemajuan dan adopsi teknologi blockchain secara umum.

Oleh karena itu, proyek MATIC tidak terbatas pada solusi saat ini, tetapi juga berjanji untuk berkontribusi secara permanen terhadap evolusi dan skalabilitas ekosistem blockchain. Selain itu, harga Polygon juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi tren pasar dan penerimaan teknologi ini secara lebih luas.

Nah, untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto baru dan kasual.

Saat ini, PINTU memiliki lebih dari 200 aset crypto yang diperdagangkan serta banyak fitur dan produk unggulan inovatif dan edukatif seperti Limit Order, Auto DCA, Pintu Earn, Referral System, PTU Staking, dan Pintu Kelas Academy.
Ayo berinvestasi dan download aplikasi Pintu sekarang!jk

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU