Ringankan Kebutuhan Warga, Pemdes Wonokalang Salurkan BLT-DD

author Juma'in Koresponden Sidoarjo

- Pewarta

Kamis, 20 Jun 2024 15:46 WIB

Ringankan Kebutuhan Warga, Pemdes Wonokalang Salurkan BLT-DD

i

Penyaluran BLT-DD di pendopo kantor Desa Wonokalang, Kecamatan Wonoayu. SP/JUM

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Pemerintah Desa (Pemdes) Wonokalang, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai - Dana Desa (BLT - DD) kepada 26  Keluarga Penerima Manfaat (KPM), pada Jumat (14/06/2024).

Para KPM yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tersebut menerima bantuan sebesar Rp 300 ribu per bulan, terhitung selama tiga bulan, yakni bulan April, Mei dan Juni. 

Baca Juga: Rapat Paripurna DPRD Sidoarjo: Perjuangkan Perda Pengarustamaan Gender

Kepala Desa (Kades) Wonokalang, Sujarwoto, SH bersyukur karena masih bisa melaksanakan penyaluran BLT - DD di tahun 2024 ini. Dia berharap program bansos dana desa ini tetap bisa dilaksanakan tahun 2025 mendatang.

“Semoga tahun depan program BLT - DD ini bisa berlanjut. Namun, kami masih menunggu keputusan dan kebijakan dari pemerintah pusat," ujar Sujarwoto, saat ditemui Surabaya Pagi di kantornya, Kamis (20/6/2024).

Kades Sujarwoto, juga  menyampaikan bahwa,  penyaluran BLT - DD menjadi agenda rutin tiap bulan. Tujuannya tidak lain untuk meringankan beban masyarakat yang memenuhi persyaratan.

Baca Juga: AKBP Arief Kurniawan Gantikan AKBP Adhitya Panji Anom Jadi Kapolres Gresik

“Kegiatan kemarin itu merupakan penyaluran tahap bulan April, Mei dan Juni. Totalnya per KPM menerima uang bantuan Rp 900 ribu,” ujarnya.

Uang bansos itu, kata Kades Sujarwoto, harus digunakan untuk belanja kebutuhan pokok. Sebab, tujuan bantuan dari pemerintah tersebut tak lain adalah untuk membantu meringankan beban hidup masyarakat.

“BLT ini untuk membantu mencukupi kebutuhan warga yang sifatnya mendesak, seperti makanan, minuman, dan lain sebagainya” ungkapnya.

Baca Juga: Pemkab Sidoarjo Permudah NIB, SPP-IRT dan Sertifikasi Halal Bagi Pelaku UMKM

Sujarwoto, juga berharap tahun depan program BLT - DD dari pemerintah pusat bisa tetap dilaksanakan. 

“Semoga tahun depan bansos ini bisa dilaksanakan kembali, karena sangat membantu masyarakat," pungkasnya. zam/jum

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU