Pelepasan Peserta Didik Kelas VI dan Kenaikan kelas I-V SDN Dukuhsari I Tahun Ajaran 2023-2024

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 22 Jun 2024 11:19 WIB

Pelepasan Peserta Didik Kelas VI dan Kenaikan kelas I-V SDN Dukuhsari I Tahun Ajaran 2023-2024

i

Kepala SDN Dukuhsari 1 Muhammad Maksum S. Pd didampingi para guru dalam acara pelepasan siswa Kelas VI. SP/Hikmah

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Pelepasan Purna Siswa merupakan agenda rutin SDN Dukuhsari I Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo, yang dilaksanakan setiap tahun pasca masa Corona berakhir, setelah semua proses pembelajaran siswa-siswi kelas VI selesai atau kelulusan.

Kegiatan pelepasan serta kenaikan kelas I-V tahun 2024 ini dilaksanakan pada sabtu (22/06/2024) pagi, di halaman SDN dukuhsari 1 Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo dalam suasana haru, bahagia yang dihadiri oleh siswa, guru, orang tua, dan tamu undangan.

Baca Juga: Jembatan Kedungpeluk Ambrol, Pendistribusian Hasil Tambak ‘Mocar-macir’



Hadir dalam acara pelepasan SDN Dukuhsari 1 Kepala SDN Dukuhsari 1 Muhammad Maksum S. Pd, Kepala Desa Dukuhsari Ikhwan Widodo S.E, Ketua Komite Sekolah diwakili mbak Iyek serta para wali murid kelas 6 SD yang menyaksikan putra putrinya yang sedang bahagia pada sabtu yang cerah 22 juni 2024.

Pembawa acara SDN Dukuhsari 1 keren, pasalnya 2 murid pembawa acara dengan bahasa Indonesia disertai dengan menggunakan bahasa Inggris.

Acara pelepasan dan perpisahan yang diawali dengan pra acara dengan pertunjukkan atraksi dari siswa siswi kelas 1 sampai kelas 5 dengan menyajikan berbagai atraksi yang menarik dan penuh tawa, dimulai dari membaca doa pendek, menari, menyanyi, yang paling mrndapatkan aplaus dari para undangan adalah penampilan pantomim reatrikal perobekan bendera Belanda Merah putih biru, yang disobek warna biru sehingga tinggal warna merah putih di hotel Yamato Surabaya yang diperankan oleh 2 siswa SDN Dukuhsari, fashion show, atraksi bendera pramuka dari siswi pramuka.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonedia raya, seluruh undangan berdiri, dilanjut pembacaan ayat ayat suci al-quran
Sambutan Kepala Desa Dukuhsari Ikhwan Widodo S.E, mengucapkan selamat kepada siswa siswi kelas VI yang akan diwisuda dan melanjutkan ke SMP serta ucapan terima kasih kepada Kepala Sekolah serta para Guru SDN Dukuhsari 1 atas bimbingannya kepada putra putri kami warga Dukuhsari yang telah membimbing dengan baik, dan kepada wali Murid tetaplah menjadi guru yang paling utama mendampingi anaknya untuk siswa harus nurut orang tua dan tetap menghormati orang tua dan para guru. Kepala Desa Dukuhsari mengakhiri sambutan dengan menyangoni para wisudawan serta seluruh guru guru yang hadir pada acara wisuda tersebut, terima kasih pak Kades semoga sehat selalu, rejeki barokah dan tetap menjadi Kepala Desa Dukuhsari timpaTri Andi Susanto S. Pd.

Baca Juga: Sambut Harkamtibmas, Polresta Sidoarjo Gelar 'Sahabat Curhat' Aman dan Kondusif

Kepala SDN dukuhsari 1 Muhammad Maksum S. Pd, dalam sambutannya menghaturkan matur suwun sangat kepada seluruh wali murid yang telah mensupport acara pelepasan peserta didik kelas VI, dan terima kasih banyak kepada para guru yang telah dengan susah payah membimbing dan mendukung program pendidikan untuk putra putri wali murid. Kebahagiaan serta kegembiraan bagi siswa siswi yang diwisuda sehingga bisa melanjutkan pendidikan ketingkat SMP.

Kepala sekolah tetap menerima kritik baik terbuka maupun tertutup lewat surat demi kebaikan SDN dukuhsari 1 ungkapnya. Kepala SDN Dukuhsari 1 Muhammad Maksum S. Pd melanjutkan bahwa siswa yang diwisuda tahun 2024 berjumlah 35 siswa siswi.

Sedangkan Siswa Siswi SDN Dukuhsari 1 yang didaftarkan ke SMPN 1 Jabon berjumlah 28 Siswa, sisamya 7 Siswa lainnya memang tidak didaftarkan oleh sekolah karena permintaan dari orang tua Siswa sendiri, pasalnya ke 7 siswa tersebut akan melanjutkan sekolah dibeberapa Pondok Pesantren

Baca Juga: Rapat Paripurna DPRD Sidoarjo: Perjuangkan Perda Pengarustamaan Gender

Banyak rangkaian acara pada kegiatan wisuda SDN dukuhsari 1, pemberian tali asih dari siswa kelas VI untuk para guru serta penyerahan santunan kepada siswa siswi anak yatim dari para guru SDN Dukuhsari 1, yang paling terharu adalah saat pelepasan untuk siswa siswi kelas VI dimana siswi yang mengiringi dengan lagu sambil sesenggukan termasuk para wali murid karena terharu pasalnya saatnya berpisah dengan para guru yang membimbing selama kurun waktu enam tahun.

Acara yang ditunggu oleh seluruh siswa adalah pembacaan peringkat 1-3 mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Wartawan Harian Surabaya pagi dikonfirmasi oleh guru kesiswaan Tri Andi Susanto S. Pd.

Seluruh siswa yang mendapatkan rangking mendapatkan penghargaan dari sekolah yaitu berupa tropy yang akan menjadi kebanggaan tersendiri buat siswa siswi yang berprestasi.
Selanjutnya dari kelas VI Siswa yang diwisuda ada 3 yang mendapat rangking terbaik mendapatkan tropy dari Sekolah yaitu rangking pertama Prastika Putri Wardana, rangking kedua Thalita Iftina Shafira dan rangking ketiga Keyla Putri Ellysa. Hik

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU