Pemkab Sumenep Tingkatkan Sarana dan Prasarana Pendidikan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 24 Jun 2024 18:44 WIB

Pemkab Sumenep Tingkatkan Sarana dan Prasarana Pendidikan

i

Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Akselerasi Sistem Pembelajaran Siswa Mandiri dan Produktif

 

Baca Juga: Apresiasi Pj Kepala Desa Pamolokan Terhadap Kegiatan Dinsos P3A Kab. Sumenep

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep - Dalam konteks pengembangan Sumber Daya Manusia, pendidikan adalah usaha yang secara sadar diarahkan untuk mengembangkan potensi generasi muda agar memiliki kemampuan, keterampilan, sikap dan kepribadian.

Tentu dalam hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yaitu terbentuknya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, Maju, tangguh, cerdas, kreatif berdisiplin, profesional, bertanggung jawab, produktif serta sehat Jasmani dan rohani.

Selain dapat mewujudkan langkah di atas pemerintah memiliki peranan penting dalam melakukan dan mempromosikan Program Pemerintah serta menyebarluaskan informasi terkait program pendidikan yang dilaksanakan oleh pemerintah di Kab. Sumenep.

Untuk itu, memberikan spirit dan pengetahuan terhadap masyarakat luas, pemerintah daerah juga dapat membangun kepercayaan masyarakat terhadap melalui komunikasi yang terbuka dan konsisten mengenai upaya peningkatan akses dan pemerataan pembangunan serta peningkatan mutu pendidikan melalui dana APBN tahun 2023

Pemerintah Kab. Sumenep, secara majemuk di bawah kepemimpinan Bupati H.Achmad Fauzi Wongsojudo, SH, MH, telah melakukan banyak hal dalam Peningkatan Indeks SPM Pendidikan di Kab. Sumenep, hal ini sudah terlihat dalam dua tahun terakhir (literasi, numerasi, kebhinekaan, keamanan sekolah dll).

Bahkan di tahun 2023 kemarin sudah mencapai ambang batas minimum, Dinas Pendidikan Kab. Sumenep, berhasil melakukan Peningkatan jumlah status sekolah dari rusak berat menjadi baik untuk prasarana ruang kelas, perpus, toilet, ruang guru.

Baca Juga: Sosialisasi Cegah Kekerasan Anak, Beginilah Harapan Ketua HIMPSI Kab. Sumenep

Tidak hanya itu, Perhatian pemerintah Daerah Kab. Sumenep, terhadap dunia pendidikan, adalah pemenuhan sarana prasarana pembelajaran, salah satunya adalah peningkatan jumlah prasarana Gedung lab komputer, Peningkatan jumlah sarana berupa Multimedia (TIK) Prestasi siswa (sains, seni, olahraga) di jenjang provinsi dan pusat.

Hal diatas disampaikan oleh kepala Dinas Pendidikan Kab. Sumenep, Agus Dwi Saputra, saat dikunjungi diruang kerjanya kemarin.

Sementara dampak positif yang dirasakan oleh pengelola Yayasan Al-Marshufie di Gang IV Block Sareng No. 02 /05 Sasar Kapedi Kec. Bluto kab. Sumenep, Abdullah Affas, M.Pdi, mengakui pemerintah Daerah sangat peduli dan tangkap dalam membantu terbentuknya lembaga pendidikan yang kondusif dan aman, dan memberikan ruang belajar yang nyaman dan produktif.

Bentuk kepedulian pemerintah daerah dalam pemenuhan sarana dan prasarana sangat membantu kenyamanan siswa dalam proses belajar mengajar (KBM) dan banyak faktor pendukung lainnya, seperti suasana di lingkungan sekolah yang sejuk dan menyenangkan.

Baca Juga: Dinsos P3A, Gelar Sosialisasi Cegah Kekerasan Terhadap Anak di Desa Dasuk Laok Kab. Sumenep

Selain itu pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementrian Direktorat Pembinaan lembaga pendidikan memberikan bantuan ruang kelas baru (RKB) dan bantuan sarana prasarana lainnya untuk mewujudkan lembaga pendidikan maju dan produktif.

Upaya pemerintah dalam rangka memenuhi kekurangan ruang kelas, biasanya dilakukan oleh pengawas melalui dinas pendidikan di daerah, jadi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, bersatu dalam memajukan program pendidikan bermutu.

Banyak hal yang dirasakan oleh pihak lembaga dalam penerimaan hak dan manfaat dari pemerintah terutama menyangkut keberadaan bantuan yang dilaksanakan secara swakelola melalui pendekatan dan partisipasi masyarakat. Ainur Rahman

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU