Samsat Dulur Optimalkan Pajak Kendaraan Bermotor

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 24 Jun 2024 18:57 WIB

Samsat Dulur Optimalkan Pajak Kendaraan Bermotor

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kantor Samsat Surabaya Utara mengoptimalkan pajak kendaraan bermotor melalui inovasi-inovasi terbarunya, demi memudahkan masyarakat mengurus pembayaran pajak motor dan sejenisnya, dengan membentuk "Samsat Dugi Kelurahan" (Samsat Dulur).

Perwira Administrasi (Pamin) Samsat Surabaya Utara Ipda Dyan Etik Kristianing, saat sosialisasi inovasi Samsat Dulur di Kantor Kelurahan Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Surabaya, mengatakan program tersebut sudah diluncurkan sejak 4 Juni 2024 dan hingga saat ini yang sudah dilayani sekitar 20 wajib pajak kendaraan bermotor.

Baca Juga: Jatim Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

"Sampai saat ini, masih kami jadwalkan di lima kelurahan, yakni Kedinding, Ampel, Ketabang, Simolawang, dan Sidotopo," ucapnya, Senin (24/6).

Secara teknis, kata dia, petugas yang terdiri dari kepolisian dan Bapenda Surabaya menggunakan sepeda motor untuk keliling ke kelurahan-kelurahan tersebut.

"Jadi ini istilahnya untuk menambah program unggulan lainnya dengan gerak cepat, seperti di Kedinding ini ada, wajib pajak yang harus bayar, kami akan jemput bola dan itu sesuai jadwal yang telah disepakati," ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, karena baru diluncurkan, jadi masih di lima kelurahan tersebut, ke depannya akan menjamah ke semua wilayah Surabaya Utara.

Baca Juga: Ditlantas Polda Jatim Launching Samsat Dulur

"Targetnya sebelum akhir tahun sudah terjamah di seluruh wilayah Samsat Surabaya Utara," tuturnya.

Selain itu, kata Ipda Etik, seluruh Samsat di Surabaya akan menerapkan inovasi Samsat Dulur.

"Semoga adanya inovasi ini bisa mempermudah masyarakat Surabaya untuk melakukan pembayaran pajak bermotor secara rutin," katanya.

Baca Juga: Tekan Polusi Udara, Luhut Wacanakan Kenaikan Pajak Motor BBM

Selain itu, pihaknya juga menyarankan masyarakat untuk mengunduh aplikasi E-Signal melalui playstore atau app store.

"Di aplikasi itu juga bisa untuk pembayaran digital melalui aplikasi tanpa harus datang ke lokasi," tuturnya. S-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU