Bank Jatim Wujudkan Rumah Layak Huni Bagi Masyarakat Situbondo

author Arlana Chandra Wijaya

- Pewarta

Senin, 24 Jun 2024 19:48 WIB

Bank Jatim Wujudkan Rumah Layak Huni Bagi Masyarakat Situbondo

SurabayaPagi, Situbondo, 21 Juni 2024. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada lingkungan sekitar, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) terus gencar menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) ke berbagai daerah di Jawa Timur. 

Salah satunya di Kabupaten Situbondo. CSR yang diberikan kepada Kabupaten Situbondo kali ini berupa perbaikan 20 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Bertempat di Pendopo Aryo Situbondo, bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh SEVP Korporasi, Sindikasi, dan Kelembagaan bankjatim Koerniawan Prijambodo kepada Bupati Situbondo Karna Suswandi hari Jumat (21/6/2024).

Baca Juga: Bank Jatim Revitalisasi SWK Pinghay, Kini Jauh Lebih Nyaman dan Tertata

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman menjelaskan, perbaikan RTLH tidak semata-mata ditujukan untuk meningkatkan kondisi rumah menjadi rumah yang sehat dan layak huni saja. Tetapi ada manfaat lain yang lebih luas lagi. Yaitu untuk penataan lingkungan permukiman hingga meningkatkan ketahanan sosial masyarakat. 

”Pemberian bantuan perbaikan RTLH ini juga sebagai wujud komitmen Bank Jatim dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Situbondo. Sehingga masyarakat bisa sejahtera dan memiliki hunian yang sehat, nyaman, dan aman untuk dijadikan tempat tinggal,” ungkapnya.

Menurut Busrul, rumah layak huni merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap keluarga. Untuk mewujudkan Rumah Layak Huni bukanlah hal yang mudah bagi sebagian besar masyarakat yang tergolong kurang mampu atau prasejahtera. 

Oleh karena itu, diperlukan peran dari berbagai pihak untuk bergotong royong dalam mewujudkan rumah yang layak huni bagi masyarakat prasejahtera sehingga akan tercipta rasa nyaman, tentram dan membiasakan hidup sehat bagi penghuninya.

”Pemberian CSR ini menunjukkan bahwa kegiatan yang dijalankan bankjatim tidak sebatas pada aktivitas bisnis semata. Operasional bank juga harus selalu diimbangi dengan kegiatan tanggung jawab sosial yang dapat menumbuhkembangkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Bantuan perbaikan RTLH juga sebagai bentuk ikhtiar kita untuk bersama-sama membangun Kabupaten Situbondo,” ucapnya.

Baca Juga: Tingkatkan Penerapan ETPD, Bank Jatim Bersama Pemkot Batu Launching KKPD

Di samping itu, Busrul juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Situbondo karena telah mempercayakan bankjatim sebagai mitra layanan perbankan khususnya dalam pengelolaan kas daerah. 

”Maka dari itu, kami berkomitmen akan terus memberikan layanan terbaik serta memberikan kontribusi nyata dalam agenda pembangunan daerah khususnya di wilayah Kabupaten Situbondo,” pungkasnya.

Karna Suswandi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bank Jatim atas CSR yang diberikan. 

Baca Juga: Pemkot Mojokerto Dorong Perluasan Transaksi Non Tunai di Tiga Pasar Tradisional

”Ini salah satu upaya kolaborasi dalam rangka percepatan pembangunan di Kabupaten Situbondo. Terima kasih kepada bankjatim yang terus bersinergi bergotong-royong membantu warga Situbondo. Kami sangat mengapresiasi atas kontribusi dan kolaborasi dengan bankjatim yang terus tumbuh dalam mewujudkan kondisi hunian yang layak bagi warga yang membutuhkan,” tutupnya.

Selain penyerahan CSR, dalam kesempatan tersebut juga berlangsung penandatanganan perjanjian kerjasama Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) antara Bank Jatim Cabang Situbondo dengan Pemkab Situbondo. 

Perseroan berharap dengan adanya penggunaan KKPD di Situbondo ini dapat mengurangi idle cash dari penggunaan uang persediaan satuan kerja, meningkatkan keamanan, mengurangi potensi fraud, dan meminimalisir penggunaan uang tunai. Byb

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU