Pemkab Gresik Gelar Aksi Serentak Intervensi Percepatan Penurunan Stunting

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 26 Jun 2024 19:27 WIB

Pemkab Gresik Gelar Aksi Serentak Intervensi Percepatan Penurunan Stunting

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menggelar kegiatan Aksi Serentak Intervensi Percepatan Penurunan Stunting yang berlangsung di Posyandu PAUD Suci, Kecamatan Manyar, Selasa 25 Juni 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi dini masalah gizi, memberikan edukasi pencegahan stunting dan melakukan intervensi segera bagi sasaran yang memiliki masalah gizi serta meningkatkan kunjungan cakupan sasaran pada ibu hamil, calon pengantin dan balita.

Baca Juga: Bupati Gus Yani Terbitkan Surat Edaran Larangan Perjudian di Lingkungan Pemkab Gresik

Dalam kesempatan ini, turut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Fandi Akhmad Yani, Kepala Dinas KBPPPA Titik Ernawati, Kepala Dinas Kesehatan Mukhibatul Khusnah, Kepala Dinas Sosial Ummi Khoiroh, Camat Manyar Hendriawan Susilo, beserta Forkopimda dan OPD.

Ketua TP PKK Kabupaten Gresik mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk keseriusan dan komitmen pemerintah daerah dalam melakukan percepatan penurunan stunting di daerah.

Baca Juga: Bupati Gresik Resmikan SPAM Umbulan bagi 8 Desa di Kecamatan Duduksampeyan

“Pelaksanaan kegiatan ini bukanlah upaya awal yang dilakukan oleh Pemkab Gresik dalam menangani persoalan stunting di daerah, tapi lebih kearah evaluasi komitmen keseriusan kita, bersama seluruh stakeholder dalam penanganan stunting yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat,” jelas Ning Nurul sapaan akrab Ketua TP PKK Kabupaten Gresik.

Camat Manyar dalam sambutannya juga menyampaikan, berbagai penyebab dari adanya stunting di Kecamatan Manyar mendominasi dikarenakan masalah ekonomi, dan pola asuh orang tua.

Baca Juga: JDIH Gresik Jadi yang Pertama Gunakan Teknologi AI di Indonesia

“Kami mohon arahan dengan adanya intervensi serentak dan pelacakan stunting ini semoga dapat mengatasi masalah stunting yang dapat berdampak pada pertumbuhan balita di Kecamatan Manyar,” ujar Hendriawan.

Lebih jauh Hendriawan memaparkan melalui kegiatan ini, perangkat daerah yang tergabung di dalam PKK Kabupaten Gresik dapat saling bersinergi dan berkolaborasi terkait dengan program-program penurunan stunting di masing-masing perangkat daerah. Gr-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU