Jokowi Sodorkan Kaesang Maju di Pilkada Jakarta 2024, Istana Bantah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 27 Jun 2024 20:31 WIB

Jokowi Sodorkan Kaesang Maju di Pilkada Jakarta 2024, Istana Bantah

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Sekjen PKS, Habib Aboe Bakar Al Habsyi, beberkan Kaesang sudah disodorkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berpasangan dengan politisi Partai Golkar, Ridwan Kamil. Kaesang bakal maju di Pilkada Jakarta 2024, lawan Anies Baswedan -Sohibul Iman, mantan Presiden PKS.

Habib Aboe Bakar Al Habsyi, menanggapi isu Presiden Jokowi yang bakal cawe-cawe dalam Pilgub Jakarta.

Baca Juga: Bertemu MBZ, Jokowi Bahas Investasi IKN, Ojo Kesusu Pak!

"Kan sudah biasa cawe-cawe, mulai dari presiden sampe nanti, biasa, jadi nggak ada masalah biar aja," kata Habib Aboe Bakar kepada wartawan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2024).

Terpisah, Stafsus Presiden, Grace Natalie membantah PKS yang mengklaim Presiden Joko Widodo menyodorkan nama Ketum PSI Kaesang Pangarep di Pilgub Jakarta. Grace memastikan Jokowi tak ikut campur soal pilkada.

"Tidak benar itu Pak Presiden menyodorkan nama Kaesang ke partai-partai. Pak Presiden tidak ikut campur terkait Pilkada di manapun," kata Grace kepada wartawan, Kamis sore (27/6/2024).

Politikus PSI ini mengatakan Pilkada merupakan ranah partai. Menurutnya, Jokowi sebagai presiden hanya fokus pada tugas-tugas kepresidenan sampai masa jabatan selesai.

 

Sekjen PKS Akui

Habib Aboe lalu membahas Kaesang yang belakangan ramai akan maju di Pilkada Jakarta. Sekjen PKS mengaku mengetahui Jokowi sudah menyodorkan nama Kaesang untuk Pilkada Jakarta.

Baca Juga: Presiden Jokowi Mulai Sering Curhat Soal IKN

"Sudah-sudah sudah nyodorkan. Sudah nyodorkan, kita lihat saja," ujar Habib Aboe.

Seperti diketahui, belakangan nama Kaesang turut masuk dalam bursa calon wakil gubernur DKI Jakarta. Salah satu partai yang menginginkan nama Kaesang yakni Partai Gerindra.

 

Kaesang Dimata Gerindra

Waketum Gerindra Habiburokhman pun mengatakan Kaesang bisa kompetitif karena Jokowi effect.

Baca Juga: PDIP Utak-atik Pidato Prabowo, Ungkap Sinyal Pecah dengan Jokowi

"Kami menyampaikan apa yang ada di konstituen, nama Kaesang ada juga kalau level wagub. Itu perlu kami sampaikan, karena Kaesang itu terkenal juga dengan kalangan anak muda," kata Habiburokhman dalam acara 'd'Rooftalk: Siasat Mengikat Anies dan RK' detikcom pada Rabu (26/6).

Habiburokhman mengatakan nama Kaesang terpublikasi di kalangan anak muda. Menurutnya, kegiatan politik yang dilakukan Kaesang juga diketahui oleh masyarakat.

"Semuda apapun beliau, saat ini nggak punya pengalaman, tapi beliau terpublikasi dengan sangat jelas lho gerak gerik beliau selama ini ke masyarakat," jelasnya.

Habiburokhman menilai Kaesang bisa kompetitif jika diusung sebagai cawagub. Sebab, kata dia, Kaesang memiliki efek Jokowi atau Jokowi effect. n erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU