Pemkab Gresik Apresiasi Kegiatan Petronite Fest, Berhasil Gerakkan Ekonomi Kerakyatan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 30 Jun 2024 14:14 WIB

Pemkab Gresik Apresiasi Kegiatan Petronite Fest, Berhasil Gerakkan Ekonomi Kerakyatan

i

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo saat mengunjungi stan UMKM di acara pembukaan Petronite Fest 2024, Sabtu (29/6) malam.

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Pemkab Gresik memberi apresiasi tinggi kepada BUMN Petrokimia Gresik yang secara ajek menggelar kegiatan Petronite Festival. Secara tidak langsung kegiatan ini berimbas pada pergerakan roda perekonomian masyarakat Kabupaten Gresik, khususnya ekonomi kerakyatan.

Pernyataan itu disampaikan Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Ahmad Hadi saat memberi sambutan mewakili Bupati Gresik pada acara pembukaan Petronite Fest 2024, bertempat di pelataran GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, Sabtu (29/6) malam.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Terus Dorong Kemajuan Pertanian dan Industri Kimia yang Berkelanjutan

"Kegiatan Petronite ini memiliki _multiplier effect_ yang luar biasa terhadap perekonomian masyarakat di Kabupaten Gresik, terutama ekonomi kerakyatan. Ada ratusan pelaku UMKM membuka usaha di kegiatan ini. Mereka berpeluang mendapatkan penghasilan dan keuntungan besar dari hasil penjualan," ujar Ahmad Hadi saat memberikan sambutannya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo menyebutkan bahwa kegiatan Petronite Fest tahun ini juga melibatkan 400 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dengan membuka sebanyak 536 stan.

"Kegiatan Petronite ini tidak hanya diisi berbagai macam acara hiburan di panggung ini, tapi juga banyak even lain dan memberi kesempatan pedagang kecil menengah untuk berjualan. Misalnya jualan produk makanan dan minuman, kerajinan tangan dan kesenian," ucap Dwi Satriyo.

Baca Juga: PG Inspiration Day Dorong Anak Bermimpi Setinggi Langit untuk Ciptakan SDM Unggul

Petronite Fest tahun ini bertajuk "Bertumbuh Dalam Harmoni" merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-52 Petrokimia Gresik. "Acara ini digelar saling bersinergi dan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar perusahaan. Salah satunya dengan pengelolaan parkir kendaraan yang ditangani oleh karang taruna kelurahan di sekitar perusahaan," ungkap Dirut PG Dwi Satriyo.

Sementara itu, Ketua Panitia Petronite Fest 2024 Raditya Pamungkas mengatakan, pihaknya menargetkan transaksi Rp11 miliar selama 9 hari pelaksanan Petronite tahun ini. Acara ini digelar mulai 29 Juni hingga 7 Juli mendatang.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Berhasil Tingkatkan Produktivitas Padi di Timor Leste Hingga 7,5 Ton Per Hektar

"Kami berharap transaksi bisa tembus Rp11 miliar dengan asumsi peputaran uang setiap harinya sekitar Rp1 miliar," kata Raditya berharap.

Dari pantauan di lapangan terlihat hampir semua lokasi untuk kegiatan Petronite Fest 2024 di kompleks GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik dipenuhi oleh stan UMKM. Pengunjung di hari pertama sangat padat apalagi saat ini waktu liburan anak sekolah.grs

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU