Air Terjun Niagara Bondowoso Dijuluki Wisata Amerika Versi KW

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Jul 2024 09:51 WIB

Air Terjun Niagara Bondowoso Dijuluki Wisata Amerika Versi KW

i

Air Terjun Niagara Bondowoso, Jawa Timur. SP/ BDW

SURABAYAPAGI.com, Bondowoso - Air Terjun Niagara, yang merupakan salah satu destinasi wisata air terjun terbesar di dunia yang berada di perbatasan New York, Amerika Serikat dengan Ontario, Kanada ternyata juga ada di Bondowoso, Jawa Timur.

Didaerah Bondowoso, yang letaknya tepat di depan tempat pengeringan alami (sun drying) kopi milik PTPN XII di Dusun Blawan, Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso juga punya air terjun niagara mini yang kerap dijuluki produk Amerika KW-2. Pasalnya, air terjun Niagara di Bondowoso diklaim jadi versi yang jauh lebih kecil dari segi ukuran hingga objek wisata.

Baca Juga: Ribuan Pelajar di Bondowoso Pentaskan Tari Ojung, Pecahkan Rekor MURI

“Dulunya itu sekedar sungai lama, lalu kemudian digarap oleh PTPN XII menjadi salah satu tempat wisata,” kata Kepala Desa Kalianyar, Muhammad Faozi, Selasa (02/07/2024).

Baca Juga: Momen Libur Sekolah, Kunjungan Wisata di Bojonegoro Melonjak 80 Persen

DIketahui, tinggi air terjun ini hanya kisaran 10 meter. Namun bebatuan besar yang berada di atasnya membuat air sungai yang jatuh mirip seperti yang tampak di Niagara asli.

“Ada spot selfie. Setiap wisatawan yang mampir ke wilayah Blawan rata-rata menyempatkan berfoto di sini. Tapi tetap harus menjaga diri dan berhati-hati supaya tidak jatuh terpeleset,” pesannya.

Baca Juga: BPBD Bondowoso Bentuk 32 Desa Tangguh Bencana

Selain itu, ada beberapa fasilitas penunjang yang terbangun tidak lagi terawat, sehingga pengunjung kurang nyaman istirahat lebih lama di sana. Seperti, ada kolam pemandian air hangat yang airnya juga sudah kering. Lalu, tempat duduknya tidak semuanya bersih. Sehingga diharapkan adanya perawatan lebih supaya semakin banyak pengunjung. bdw-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU