BMW M5 Bermesin Hybrid Makin Ganas Dibanderol Rp 1,78 Miliar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Jul 2024 12:01 WIB

BMW M5 Bermesin Hybrid Makin Ganas Dibanderol Rp 1,78 Miliar

i

BMW M5 bermesin hybrid akhirnya resmi hadir. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - BMW M5 bermesin hybrid akhirnya resmi hadir dengan menggunakan konfigurasi V8 dengan suara yang khas makin ganas. Apalagi kini sudah disematkan teknologi elektrifikasi M Hybrid yang membuat performa kian kuat dan lebih efisien.

Mesin V8 dikatakan memiliki karakteristik putaran tinggi, sementara komponen elektrifikasi memberikan tenaga yang konsisten di seluruh rentang putaran.

Baca Juga: Mercedes-AMG GT 63 Pro 4Matic+ Tampil Sporty Bertenaga Supercar

Selain itu, mobil hybrid itu berkapasitas 4,4 liter dengan dukungan turbocharger, menghasilkan 577 hp dan torsi 750 Nm. Dengan tambahan motor listrik, output gabungannya naik menjadi 717 hp dan torsi 1.000 Nm.

Pada dasarnya, mesin yang digunakan adalah S68 yang juga bisa dijumpai pada XM. Namun, BMW melakukan penyetelan yang berbeda. Selain itu, ada kesamaan lain antara XM dan M5 terbaru, yaitu motor listrik yang menambahkan tenaga sebesar 194 hp dan torsi 366 Nm.

Mesin delapan silindernya dapat berputar hingga maksimum 7.200 rpm saat BMW M5 baru memanjakan pengemudinya dengan sensasi pengembangan tenaga tanpa henti hingga rentang beban dan kecepatan tertinggi.

Bobotnya pun bertambah karena penambahan motor listrik dan baterai. Jika M5 sebelumnya berbobot 1.971 kg, model terbaru ini mencapai 2.445 kg. Ini tampaknya mempengaruhi performa. 

Baca Juga: Scomadi Turismo Technica Edisi Spesial, Tersedia Hanya 100 Unit

Meskipun memiliki output yang besar, mobil ini 0,2 detik lebih lambat dari model sebelumnya dalam akselerasi dari nol ke 96 km per jam. Kecepatan maksimumnya tetap dibatasi pada 250 km per jam, atau 306 km per jam dengan paket M Driver.

Sistem transmisi M Steptronic 8-percepatan masih mendukungnya. Selain itu, pre-gearing yang dipatenkan antara rotor motor listrik dan poros input transmisi otomatis meningkatkan output dari 281 Nm menjadi 450 Nm.

Sistem pengereman dilengkapi dengan cakram berukuran 16 inci di depan dan 15,7 inci di belakang, yang dijepit oleh kaliper 6 piston dan floating single piston secara berurutan. Konsumen juga dapat memilih opsi M Carbon Ceramic untuk performa pengereman yang lebih superior.

Baca Juga: Tahun Depan, Genesis GV60 Magma Concept Masuk Tahap Produksi

Di dalam kabin, tidak terdapat jok karbon seperti pada M2, melainkan kursi M Multifunction yang menawarkan keseimbangan antara kenyamanan perjalanan jauh dan performa balap di sirkuit. Interior tersedia dalam beberapa pilihan warna. BMW menawarkan paket kulit BMW Individual Full Merino Metallic.

BMW M5 dijadwalkan untuk debut global di Goodwood Festival of Speed bulan depan. Produksi akan dilakukan di Dingolfing pada bulan Juli yang akan datang dan ditawarkan dengan harga dasar Rp 1,78 miliar. jk-04/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU