Jamaah Haji Kabupaten Pasuruan Tiba di Tanah Air

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Jul 2024 17:15 WIB

Jamaah Haji Kabupaten Pasuruan Tiba di Tanah Air

i

Petugas kemenag dan jamaah haji kabupaten Pasuruan saat tiba di tanah air.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - 70 persen jamaah haji Kabupaten Pasuruan dari kloter 30,31 dan 32 sudah kembali ke tanah air sejak Minggu kemarin. Namun dari ribuan jamaah tersebut, ada 1 jamaah yang meninggal dunia sebelum naik pesawat dari Bandara King Abdul Azis Jeddah.

Jamaah tersebut bernama Nasir Legimun (67), warga RT3 RW 7 Dusun Jonggan, Desa Durensewu, Kecamatan Pandaan, dan tercatat sebagai jamaah dari Kloter 32.

Baca Juga: Berkah Muharram, Pembuat Jenang Suro Banjir Pesanan 100 Porsi per Hari

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan, Syaikhul Hadi mengatakan, almarhum meninggal dunia saat dirawat di RS King Abdulloh Jedah. Sebelumnya ia jatuh di kamar mandi di Kawasan Bandara King Abdul Azis, beberapa menit sebelum naik pesawat.

"Dari informasi Ketua Kloter 32, almarhum pamitan ke kamar mandi sebelum diminta untuk naik ke pesawat. Kemudian ditunggu tapi belum muncul, ternyata jatuh di kamar mandi dan sempat pingsan," kata Syaikhul saat ditemui di ruangannya, Selasa (2/7/2024).

"Kalau istrinya pulang kembali ke Tanah Air ikut kloter 32, karena sudah jadwal kepulangan," singkatnya.

Baca Juga: Mayat Pria Nyaris Telanjang Ditemukan di Sungai Kecil

Atas meninggalnya jamaah tersebut, Kemenag Kabupaten Pasuruan ikut berbela sungkawa. Rencananya ia dan beberapa stafnya akan takziah ke rumah duka, dalam waktu dekat. "Insya Allah kami akan takziah ke rumah duka di Durensewu, Pandaan," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU), Imron Muhadi menambahkan bahwasanya total ada 1113 dari kloter 30,31 dan 32 yang kembali ke tanah ri per 30 juni kemarin. Namun sebelum kembali, ada 1 jamaah yang meninggal, serta dua jamaah lain yang menunda kepulangannya lantaran sakit.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Optimalkan Penggunaan Produk Dalam Negeri Pengadaan Barang dan Jasa

Bagaimana dengan jamaah haji lain yang masih di Arab Saudi, Imron menegaskan bahwa masih ada 194 jamaah dari kloter 45 dan 103 jamaah haji dari kloter 46 yang akan pulang ke tanah air pada hari Kamis besok.

Mereka akan kembali ke Indonesia bersama jamaah haji Kabupaten Gresik dan Kota Pasuruan. "Pulangnya sama-sama tanggal 4 juli, tapi beda jamnya saja. Kami akan menjemput dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya," terangnya. ps-01

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU