Polres Pasuruan Gelar Binrohtal Rutin dan Santunan Anak Yatim

author Aziz Sutikno Koresponden Pasuruan

- Pewarta

Kamis, 04 Jul 2024 18:00 WIB

Polres Pasuruan Gelar Binrohtal Rutin dan Santunan Anak Yatim

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Dalam rangka pembinaan Mental dan Spiritual untuk meningkatkan ketaqwaan dan iman kepada Allah SWT, Polres Pasuruan melaksanakan kegiatan rutin Pembinaan Mental dan Rohani (Binrohtal) yang diikuti oleh seluruh Personil Polres Pasuruan, bertempat di Masjid Rofiqul Ummah Polres Pasuruan, Kamis (4/7/2024).

Kegiatan Binrohtal tersebut dihadiri oleh Wakapolres Pasuruan Kompol Hari Aziz, S.H.,  Pejabat Utama Polres Pasuruan, Perwira, Bintara, serta ASN Polres Pasuruan. Dan Tokoh Agama yang memberikan ceramah tausiyah kajian ilmu agama adalah Kyai Haji Abdullah Karim, Sekertaris Da'i Kamtibmas Polres Pasuruan dari Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga: Buruh Pabrik di Pasuruan Tewas Dibacok 2 Bersaudara

Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra, S.I.K., M.Si. melalui Wakapolres Pasuruan mengatakan bahwa, "Kegiatan Binrohtal ini dilaksanakan untuk memantapkan ketaqwaan dan mempertebal iman anggota Polres Pasuruan dalam menjalankan tugas di lapangan. Selain meningkatkan ketaqwaan dan Iman  kepada Allah SWT. Kegiatan pengajian rutin dan santunan anak Yatim ini merupakan bentuk pembinaan mental dan rohani yang dilaksanakan setiap hari Kamis di Masjid Rofiqul Ummah Polres Pasuruan," ucap Waka Polres.

Kegiatan Binrohtal tersebut juga melaksanakan kegiatan pembacaan Surat Yasin dan Tahlil, serta pembacaan Asmaul Husna, selanjutnya diisi dengan kajian ilmu agama oleh Kyai Haji Abdul Karim, dengan tema "Hadirnya Bulan Muharram, tingkatkan ibadah kita".

"Dengan datangnya bulan yang mulia yaitu bulan Muharram, mari kita membuka lembaran baru dalam kehidupan kita, yang dulunya kita mungkin sering emosi atau punya perasaan hati yang kurang baik terhadap sesama hamba Allah, maka di Bulan Muharram kita bisa membenahi Perilaku kita."

Baca Juga: Satresnarkoba Polres Pasuruan Berhasil Tangkap 2 Pengedar Sabu

"Rasulullah Muhammad SAW menganjurkan bagi umat Islam bila datang bulan suci Muharram maka bacakan doa awal tahun dan lakukan puasa satu Muharram, dan lakukan puasa nasuha tanggal 10 muharram, dan lakukan sedekah di bulan Muharram khususnya kepada anak anak yatim piatu," ucap Kyai Haji Abdul Karim.

"Kita ketahui bersama bahwa di Dalam Kitab Suci Al-Qur'an, Allah juga menjelaskan terkait anak yatim, di dalam Surat Al-Ma'un yaitu Allah memberikan penjelasan kepada kita semua khususnya umat Islam agar jangan sampai kita menelantarkan anak yatim dan menghardik anak yatim serta tidak punya rasa empati terhadap fakir miskin dan tidak memberi makan kepada fakir miskin, sehingga kita akan mendapatkan predikat dari Allah bahwa kita termasuk golongan orang yang mendustakan agama," ucap ustadz Abdul Karim.

Usai pelaksanaan pengajian Binrohtal, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak-anak yatim dari Dusun Mendalan, Desa Kolursari, Kecamatan Bangil yang berjumlah 20 (dua puluh) anak yatim yang diberikan langsung oleh Wakapolres Pasuruan dengan didampingi oleh Ustadz Abdul Karim dan Ustadz Efendi Pembina anak yatim asal Desa Kolursari Kecamatan Bangil.

Baca Juga: Polres Pasuruan Kembali Berhasil Bekuk Pengedar Sabu

Ustadz Efendi salah satu pembina anak yatim asal Desa Kolursari, Kecamatan Bangil mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Pasuruan dan anggotanya yang telah memberikan santunan kepada anak anak yatim binaannya.

"Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kapolres Pasuruan dan anggota Polres yang sudah memberikan santunan kepada anak-anak yatim binaan kami, dan saya doakan semoga situasi Kamtibmas di wilayah Polres Pasuruan tetap terjamin aman serta anggota polisinya mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, Aamiin," ucap Kyai Haji Abdul Karim. Zis

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU