Penerbangan Langsung Indonesia-Iran Sudah Final, Angin Segar Bagi Industri Pariwisata

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 04 Jul 2024 19:44 WIB

Penerbangan Langsung Indonesia-Iran Sudah Final, Angin Segar Bagi Industri Pariwisata

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Direktur Managemen Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Zulkifli Harahap menyebut Indonesia dan Iran segera miliki penerbangan langsung guna meningkatkan kerja sama pariwisata antar kedua negara.

"MoU sudah final, tinggal penandatanganan saja yang mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kita sudah bisa melakukan penandatangan flight dari Iran ke Indonesia dan sebaliknya," ujar Zulkifli usai menghadiri Iran Tourism Roadshow di Jakarta, Kamis (4/7).

Baca Juga: Menparekraf Launching Senandung Dewi 2024

Beberapa Kementerian terkait dan semua pihak terkait telah melakukan diskusi terkait dengan konektivitas langsung antara Indonesia dan Iran.

Penerbangan langsung dari Indonesia-Iran dan sebaliknya ini, disebut Zulkifli menjadi angin segar bagi industri pariwisata.

Lebih lanjut, Zulkifli menyampaikan, kerja sama antara Indonesia dan Iran menjadi angin segar bagi industri pariwisata.

Baca Juga: Pekan Depan, Perizinan Konser Berbasis Digital Dilaunching

Kemenparekraf sendiri telah melakukan beberapa riset untuk menggali potensi-potensi pariwisata dan ekonomi kreatif apa saja yang bisa ditawarkan kepada Iran dan sebaliknya.

Menurut Zulkifli, Indonesia dan Iran memiliki beberapa persamaan, salah satunya dari sisi wisata religi sehingga travel pattern di Iran juga bisa dikembangkan di Indonesia.

"Selain pariwisata ada keunggulan-keunggulan handicraft atau keunggulan-keunggulan kriya di Indonesia yang juga bisa disandingkan, sehingga terjadi mutual benefit antara Iran dan Indonesia terutama dari sisi ekonomi kreatif," kata Zulkifli.

Baca Juga: Selama April 2024, Kunjungan Wisman ke Indonesia Capai 1,07 Juta

Indonesia dan Iran baru saja melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) di sektor pariwisata. Penandatangan ini dilakukan oleh Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) dengan Agen Perjalanan Iran di Jakarta, Kamis.

Kerja sama ini diharapkan dapat membuka peluang baru dan meningkatkan kunjungan wisatawan kedua negara. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU