Destinasi Wisata Makam Bung Karno Sumbang PAD Kota Blitar Hingga Rp 1 Miliar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 05 Jul 2024 11:48 WIB

Destinasi Wisata Makam Bung Karno Sumbang PAD Kota Blitar Hingga Rp 1 Miliar

i

Destinasi wisata di Makam Bung Karno (MBK) masih menjadi destinasi wisata favorit di Kota Blitar. SP/ BLT

SURABAYAPAGI.com, Blitar - Destinasi wisata di Makam Bung Karno (MBK) di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan, sudah menjadi ikon dan kunjungan favorit di Kota Blitar. Bahkan pengunjungnya tembus hingga ribuan wisatawan lokal dan mancanegara.

Diketahui, tingkat kunjungan wisatawan di Makam Bung Karno Kota Blitar memang cukup tinggi. Rata-rata di hari kerja tingkat kunjungan wisatawan di Makam Bung Karno Kota Blitar mencapai 500-800 orang. Sementara pada hari libur tingkat kunjungan bisa mencapai 1.000-2.000 orang. 

Baca Juga: Infrastruktur Jalan ke Makam Bung Karno akan Diperbaiki

“Kunjungan wisata di MBK yang setiap hari ramai mampu mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Disbudpar, yaitu pengelolaan retribusi parkir area wisata MBK yang dipusatkan di Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP),” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Blitar, Edy Wasono, Jumat (05/07/2024).

Sehingga, tingginya tingkat kunjungan wisatawan ini tentu membawa berkah bagi masyarakat sekitar dan Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar. Tercatat hingga pertengahan tahun 2024 ini pendapatan asli daerah yang didapat dari Makam Bung Karno mencapai Rp 1 Miliar rupiah selama setengah tahun ini saja.

Baca Juga: Ziarah ke Makam Bung Karno, Pj Gubernur Jatim Ajak Kuatkan Gotong Royong dan Persatuan

“Selain itu retribusi pengunjung peziarah di Makam Bung Karno juga turut menyumbang perolehan PAD Kota Blitar,” tegasnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Blitar sendiri mentarget PAD dari Kawasan Wisata Makam Bung Karno ini bisa mencapai Rp 2 Miliar rupiah per tahun. Target tersebut kemungkinan bisa dicapai bila melihat kondisi saat ini.

Baca Juga: Dalam Rangka HUT Lemhanas ke 59, Gubenur Lemhanas Ziarah di Makam Bung Karno

“Sedangkan realisasi capaian PAD hingga saat ini sebesar Rp1 miliar,” imbuhnya.

Sebagai informasi, selain Makam Bung Karno, Kota Blitar juga memiliki tempat wisata unggulan lain seperti Agrowisata Belimbing Karangsari, Water Park Sumber Udel, Fish Garden, Goa Maria, Wisata Makam Religi Aryo Blitar dan Wisata Kampung Edukatif lainnya di Kota Blitar. Terbanyak memberikan retribusi PAD adalah dari pengunjung dan retribusi parkir di area Makam Bung Karno. blt-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU