Keberhasilan Pemimpin Visioner Kepala Desa Kalipecabean Candi Sidoarjo Selama 12 Tahun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 05 Jul 2024 13:48 WIB

Keberhasilan Pemimpin Visioner Kepala Desa Kalipecabean Candi Sidoarjo Selama 12 Tahun

i

Feny Sandra, Mahasiswi Prodi Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. SP/Hikmah

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Keberhasilan kepemimpinan visioner juga merupakan cara seorang pemimpin untuk menggerakan organisasi dan menentukan visi masa depan desa yang dipimpin bapak Arif Al Ansori selaku Kepala Desa Kalipecabean dengan sangat baik, sehingga bisa membuat desa terus berkembang dan menjadi desa mandiri.

Hal ini juga tidak luput dari visi dan misi beliau yang selalu dipegang teguh serta dijalankan tahap demi tahap agar Desa Kalipecabean menjadi desa yang maju dan masyarakat yang sejahtera serta tidak melupakan budaya yang tetap dilestarikan.

Baca Juga: Kadiknas Sidoarjo Ingatkan Penggunaan HP Bagi Siswa, Harus Sesuai Fungsinya

Penerapan kepemimpinan visioner yang baik di Desa Kalipecabean dapat dilihat dari berapa indikator kepemimpinan visioner yaitu pertama memikirkan masa depan dengan  menerapkan sistem perencanaan pembangunan infrastruktur dan pembangunan sumber daya manusia secara baik, transparan, dan sesuai dengan aspirasi masyarakat. 

Kedua menciptakan budaya dan perilaku  yang maju serta antisipatif caranya adalah, melestarikan budaya kearifan lokal yang ada di desa melalui pelestarian bantengan  dan bunga kas Desa Kalipecabean.

Ketiga menumbuhkan inspirasi dan semangat hingga komitmen dalam bekerja, dengan memberikan pelatihan bagi staf dan perangkat desa dalam sistem pelayanan, serta  melatih kekompakan dalam perangkat di desa yang dilakukan pada hari libur sehingga tidak mengganggu hari kerja. 

Baca Juga: Tunjang Program Ketahanan Pangan, Pemdes Popoh Bangun TPT

Kepala Desa Kalipecabean, Arif Al Ansori juga merencanakan masa depan desa dengan mengedepankan kemajuan secara menyeluruh dalam segala aspek, bukan hanya dalam satu hal saja, penentuan visi Kepala Desa juga tidak boleh beda dengan visi Pemerintah atau Kabupaten  yang menaungi desa.

Visi yang sedang dijalankan oleh pemerintahan yang lebih tinggi dari desa akan  mengarahkan  tujuan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah atau kabupaten, karena sebagai Pemerintah Desa akan mengikuti arahan dari pemerintah atau kabupaten maupun pusat. Dalam menentukan visi desa, terlebih dahulu harus menyesuaikan dengan  keadaan serta kondisi desa, lingkungan, iklim, dan juga memahami budaya yang menjadi  hal  sangat  penting. Penentuan visi tidak boleh bertentangan dengan hal-hal tersebut, karena visi adalah gambaran kedepannya.

Baca Juga: SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Gelar Forum Ta'aruf dan Orientasi Siswa

Untuk mencapai visi desa, bapak Arif Al Ansori selaku Kepala Desa juga memajukan evaluasi kinerja perangkat dan stafnya secara rutin, evaluasi kinerja akan dilakukan tiga bulan sekali untuk meningkatkan kinerja perangkat dan staf dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat serta kekurangan yang harus diperbaiki dari setiap perangkat dan staf agar kinerja pada bulan selanjutnya lebih meningkat.

Dilihat perkembangan Desa Kalipecabean dari tahun ke tahun ini,karena penerapan kepemimpinan visioner yang sangat baik menghantarkan Desa Kalipecabean sebagai salah satu desa mandiri di Kecamatan Candi. Perkembangan pembangunan di Desa Kalipecabean. man/hik

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU