Kadin Indonesia dan JETRO Teken MoU

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 05 Jul 2024 19:14 WIB

Kadin Indonesia dan JETRO Teken MoU

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Japan External Trade Organization (JETRO) untuk memperkuat kerja sama peningkatan kapasitas UMKM.

Kerja sama tersebut ditempuh melalui peningkatan ekspor nasional dan akses pasar bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) nasional.

Baca Juga: Kadin Indonesia Usul Penerapan Pembebasan Bea Masuk

“Melalui penandatanganan nota kesepahaman ini diharapkan meningkatkan partisipasi UMKM yang naik kelas, berdaya saing global dan berorientasi ekspor melalui program WikiExport,” kata Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (5/7).

Adapun WikiExport merupakan inisiatif yang dikembangkan Kadin Indonesia sejak Oktober 2022 bersamaan dengan Gerakan Kemitraan Inklusif.

Baca Juga: Kadin Usul 7 Strategi Hilirisasi Sektor Kelautan dan Perikanan

Bekerja sama dengan JETRO, inisiatif tersebut merupakan upaya pembinaan dan peningkatan kapasitas UMKM termasuk dalam membuka akses pasar global.

WikiExport Jepang juga menjadi program legacy B20 yang bertujuan menjembatani UMKM Indonesia dengan perusahaan-perusahaan Jepang yang membutuhkan pasokan produk-produk Indonesia.

Baca Juga: Kadin: Pemerintahan Baru Berpeluang Tingkatkan Tren Ekspor Indonesia

Selain itu, Arsjad menjelaskan, semakin luasnya akses pasar UMKM juga akan meningkatkan nilai perdagangan ekspor. Oleh karena itu, meningkatnya kolaborasi dan investasi dalam pengembangan kapasitas UMKM sebagai bagian dari rantai pasok juga menjadi penting.

Ia menilai, penandatanganan MoU Kadin Indonesia dengan JETRO menjadi dasar kerja sama jangka panjang yang saling menguntungkan, sekaligus mendukung perusahaan-perusahaan Indonesia dan Jepang, termasuk UMKM yang ingin mengembangkan pasar di kedua negara. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU