Gaya Kepemimpinan Visioner Pj Kepala Desa Durungbanjar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 07 Jul 2024 15:40 WIB

Gaya Kepemimpinan Visioner Pj Kepala Desa Durungbanjar

i

Muslimin, Mahasiswa Prodi Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. SP/Hikmah

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Penjabat Kepala Desa atau Pj Kades merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diberi mandat oleh Bupati untuk mengemban tugas, wewenang, kewajiban, dan hak yang biasanya diemban oleh seorang Kepala Desa dalam periode waktu tertentu. 

Pj Kades bisa dipilih dari kalangan pegawai birokrasi di Kecamatan atau Kabupaten, guru, ataupun tenaga medis. Masa jabatan Pj Kades dibatasi selama satu tahun, mulai dari tanggal pengangkatan yang ditentukan.

Baca Juga: Tunjang Program Ketahanan Pangan, Pemdes Popoh Bangun TPT

Setelah Kepala Desa terpilih, M. Zaenal Abidin meninggal dunia, pada bulan Juni tahun 2023 jabatan Kepala Desa Durungbanjar di Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo diemban oleh Penjabat Kepala Desa yang ditunjuk oleh Bupati Sidoarjo melalui Camat Candi.

PJ Kepala Desa Durungbanjar, Bahrul Ulum, menunjukkan gaya kepemimpinan visioner yang mengarah pada pengembangan ke depan. Penerapan kepemimpinan visioner yang baik di Desa Durungbanjar tercermin pada beberapa indikator kepemimpinan, seperti memiliki pandangan jauh ke depan dan keterampilan dalam menetapkan arah bagi desa untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. 

Selain itu, beliau mempertimbangkan masa depan dengan menerapkan sistem perencanaan yang terstruktur dalam pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan sumber daya manusia yang transparan, serta sesuai dengan aspirasi masyarakat.

Semua itu tidak terlepas dari visi dan misi yang dipegang teguh oleh Bahrul Ulum serta dijalankan secara bertahap untuk mewujudkan Desa durungbanjar sebagai desa yang maju dan masyarakatnya sejahtera. Hal tersebut juga diimbangi dengan tetap memperhatikan serta melestarikan budaya lokal yang ada di Desa Durungbanjar.

Keberhasilan penerapan kepemimpinan visioner adalah salah satu kunci dalam menggerakkan organisasi dan menentukan visi masa depan desa yang dipimpin oleh Bahrul Ulum selaku PJ Kepala Desa Durungbanjar dengan sangat baik. Hal ini memungkinkan desa untuk terus berkembang dan menjadi mandiri secara ekonomi serta sosial-budaya.

Baca Juga: SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Gelar Forum Ta'aruf dan Orientasi Siswa

Memiliki tugas untuk melanjutkan visi dan misi kepala desa definitif yang telah tiada bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, diperlukan pemimpin yang memiliki pandangan jauh untuk dapat melihat ke depan dalam pengembangan desa, meskipun hanya melanjutkan program-program yang direncanakan oleh kepala desa sebelumnya. 

Seorang pemimpin harus mampu mempertahankan serta mengembangkan program-program unggulan yang telah ada, dan pada saat yang sama, juga mengambil langkah-langkah inovatif untuk memajukan desa ke arah yang lebih baik. Hal ini dapat dicapai dengan penerapan kepemimpinan yang visioner dan berdampak positif bagi masyarakat serta kemajuan desa secara keseluruhan.

Untuk mencapai visi dan misi kepala desa sebelumnya, beberapa kegiatan dilakukan untuk kemajuan desa. Di antaranya adalah pembangunan infrastruktur yang menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, pemberdayaan sumber daya manusia melalui pembinaan perangkat desa dan masyarakat setempat, peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pembangunan secara menyeluruh dalam bidang kesehatan dan peningkatan kualitas pendidikan di desa. 

Baca Juga: Jembatan Kedungpeluk Ambrol, Pendistribusian Hasil Tambak ‘Mocar-macir’

Melalui program-program ini, keberhasilan mencapai tujuan visi dan misi Kepala Desa yang terdahulu dapat diimplementasikan secara efektif dan efisien dan masyarakat desa dapat menikmati manfaatnya secara langsung.

Kepemimpinan yang visioner dalam Desa Durungbanjar telah menghasilkan perkembangan yang signifikan dari tahun ke tahun. Hal ini terbukti dengan mencapai status sebagai salah satu desa mandiri di Kecamatan Candi. Penerapan program-program yang mengutamakan kebutuhan masyarakat serta berfokus pada pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia, UMKM, kesehatan, dan pendidikan telah menghasilkan keberhasilan dan kemajuan yang terlihat jelas. 

Melalui kepemimpinan yang visioner, Desa Durungbanjar telah mampu mengembangkan diri dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, kepemimpinan yang visioner merupakan kunci yang penting dalam pembangunan desa yang berhasil dan mampu mencapai tujuannya. man/hik

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU