Home / Peristiwa : Berhasil Tekan Angka Lalu Lintas

Dirlantas Polda Jatim Raih Penghargaan Best Innovator Level Asia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 09 Jul 2024 19:19 WIB

Dirlantas Polda Jatim Raih Penghargaan Best Innovator Level Asia

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Keberhasilan Progam 'Mahameru Lantas' Polda Jatim menekan angka kecelakaan lalu lintas selama Operasi Ketupat Semeru 2024 pada momen Lebaran, diganjar penghargaan bergengsi tingkat Asia. 

Progam yang dicetuskan Direktur Ditlantas Polda Jatim, Kombes Pol Komarudin itu, menyabet kategori 'Best Innovator,' dalam ajang Inspiring Profesional dan Leadership AWARD 2024 Asean Choice dari Indonesia Award Magazine. 

Baca Juga: Polda Jatim: Angka Laka Lantas Turun 43 Persen

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua Team Panelis Kelayakan Award, Ketut Abid Halimi. 

Ketut Abid menyebutkan, inovasi yang dibuat oleh Kombes Pol Komarudin tak cuma memberikan penyegaran layanan masyarakat. 

Namun, terbukti juga berhasil menekan angka kecelakaan lalu lintas di tengah masyarakat. 

Oleh karena itu, Kombes Pol Komarudin, menurut Ketut Abid, sangat layak memperoleh penghargaan tersebut. 

"Sangat layak, sangat pantas, dan sudah tepat. Luar biasa sangat inovatif dan progresif. selamat pak Dirlantas semoga terus berinovasi di manapun menjabat," ujarnya di Gedung Bapeda Jatim, Selasa (9/7/2024). 

Sementara itu, Direktur Ditlantas Polda Jatim, Kombes Pol Komarudin mengatakan, tugas pemimpin di era digital seperti saat ini bukan semata-mata membangun inovasi, namun turut juga upaya membangun persepsi

Inovasi yang terbangun secara baik tanpa dibarengi dengan persepsi yang baik, menurutnya akan menjadikan tujuan dari inovasi itu cuma berjalan di tempat (stuck). 

Baca Juga: Jalur Mudik Kota Pasuruan Landai

Program 'Mahameru Lantas' merupakan wujud dari komitmen Ditlantas Polda Jatim dalam upaya menekan angka kecelakaan selama pengamanan momen Lebaran, dalam Operasi Ketupat Semeru 2024 sebanyak 40 persen. 

Komarudin menganggap, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras semua personel dan keluarga besar Ditlantas Polda Jatim, kasubdit regident, para kasat lantas jajaran dari berbagai inovasi selama menjabat. 
 
"Tentunya raihan penghargaan ini tidak lepas dari dukungan seluruh rekan-rekan anggota selama masa kepemimpinan saya," ujar Alumni Akpol 1997 itu. 

Menyabet penghargaan sebagai Inspiring dan Leadership tingkat Asia, menurut Komarudin, membuat pihaknya bakal lebih banyak membutuhkan kerja sama serta komunikasi proaktif bersama seluruh stakeholder untuk menciptakan agen-agen penekan jumlah kecelakaan di wilayah Jawa Timur, di masa mendatang. 

"Capaian ini justru menjadi penyemangat kami, untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya. 

Sekadar diketahui, jumlah kejadian dan fatalitas kecelakaan selama selama Operasi Ketupat Semeru 2024 pengamanan mobilisasi masyarakat Jatim pada arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijiriah, menurun. 

Baca Juga: Polda Jatim Target Zero Accident

Penurunan jumlah kecelakaan kendaraan pemudik mencapai 43 persen. Persentase tersebut didasarkan pada catatan kasus kecelakaan pada tahun 2024 sekitar 604 kasus. 

Sedangkan tahun 2023 lalu, mencapai sekitar 1.055 kasus. 

Bahkan, fatalitas kecelakaan hingga menyebabkan korban meninggal dunia, juga mengalami penurunan hingga 85 persen. 

Persentase tersebut didasarkan pada catatan kasus kecelakaan pada angka korban tewas, pada tahun 2024 yakni 24 orang. S-01/ham

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU