Pelni Ajukan PMN Rp 2,5 T

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 09 Jul 2024 19:31 WIB

Pelni Ajukan PMN Rp 2,5 T

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - PT Pelni (Persero) mengajukan Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp 2,5 triliun untuk 2025. Triliunan anggaran disebut bakal digunakan untuk membeli dua unit kapal penumpang baru.

"PMN 2025, kami mengusulkan PMN sebesar Rp 2,5 triliun untuk pembelian dua unit kapal penumpang baru new building, yang telah melewati umur teknisnya 30 tahun pada tahun 2024 ini," ucap Direktur Utama Pelni Tri Andayani di Kompleks DPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2024).

Baca Juga: Tiket Sold Out Saat, Ratusan Calon Pemudik Ngamuk di Pelabuhan Ambon

Tri menjelaskan, pengadaan kapal baru dilakukan karena umur armada Pelni yang berusia di atas usia 30 tahun mencapai 12 kapal. Ini setara 46% dari total armada Pelni yang tentunya berdampak terhadap aspek keselamatan dan inefisiensi aspek operasional dan aspek teknis.

"Tentunya akan memberikan dampak risiko pada aspek keselamatan dan dampak inefisiensi pada aspek operasional dan aspek teknis karena semakin bertambahnya umur kapal," jelasnya.

Baca Juga: Musim Nataru 2022-2023, Jumlah Penumpang Kapal Diprediksi Melonjak 100%

Tri mengatakan sebagai negara kepulauan, pengangkutan kapal penumpang diperlukan untuk membantu moda transportasi. Ia menjelaskan, pemerintah harus hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lewat moda transportasi laut dengan harga terjangkau.

Di sisi lain, ia menjelaskan bahwa Pelni memang tidak mampu untuk membiayai investasi penggantian kapal mandiri.

Baca Juga: Tahun 2021, Muatan Tol Laut Kapal Pelni Naik 43 Persen

"Sehingga diperlukan kehadiran pemerintah," pungkasnya. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU