Bakal Beroperasi, Pemkab Ponorogo Beli Truk Penyapu Jalan Rp 3,7 Miliar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 10 Jul 2024 11:33 WIB

Bakal Beroperasi, Pemkab Ponorogo Beli Truk Penyapu Jalan Rp 3,7 Miliar

i

DLH Ponorogo mendatangkan truk penyapu jalanan menggantikan pekerjaan manual. SP/ PNG

SURABAYAPAGI.com, Ponorogo - Kali ini, petugas kebersihan yang biasa menyapu jalanan di kawasan Ponorogo saat pagi buta bakal tergantikan. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo telah membeli truk penyapu jalan (road sweeper) demi menciptakan kenyamanan bagi warganya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ponorogo, Gulang Winarno mengungkap, harga truk Rp 3,7 miliar itu, digadang-gadang dapat beroperasi bulan ini, dengan menyapu jalan-jalan protokol pada dini hari.

Baca Juga: Momen Grebeg Suro, Okupansi Hotel di Ponorogo Turun Dibanding Tahun Lalu

“Truk penyapu jalan ini harganya Rp 3,7 miliar,” jelas Gulang Winarno, Rabu (10/07/2024).

Pihaknya menargetkan truk tersebut segera beroperasi bulan ini. Namun, uji coba pengoperasian itu, menunggu 3 petugas dari DLH Ponorogo selesai menjalani pelatihan terlebih dahulu.

“Petugas wajib menguasai cara kerja road sweeper truck, mulai dari proses membersihkan jalan hingga kecepatan ideal,” ungkap Gulang.

Baca Juga: Monumen Reog Ponorogo Bakal Masuk PSN, Perekonomian Berpotensi Naik

Sementara itu, disinggung nasib pasukan kuning yang biasa menjalankan tugas, Gulang memastikan mereka tidak akan diberhentikan. Kendati tak menyebut secara pasti, dirinya menyebut jika pasukan kuning bakal dialihkan ke pekerjaan lain.

"Karena minim tenaga manusia, kami yakin operasionalnya lebih cepat dan bersih juga bisa kami gunakan sewaktu-waktu,’’ ujarnya.

Dia menambahkan, truk beroperasi saat dini hari. Dalam waktu dekat pihaknya bakal membahas jadwal operasional bersama lintas sektor. Mulai Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Damkar, serta Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP).

Baca Juga: Festival Nasional Reog Ponorogo Jadi Unggulan KEN, Tiket Ludes Terjual

Rencananya, truk penyapu jalan ini, beroperasi membersihkan jalan protokol di kawasan kota, untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menjaga kebersihan kota, serta memberikan lingkungan yang lebih bersih dan nyaman bagi warga.

“Semoga dengan adanya truk penyapu jalan ini, dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menjaga kebersihan kota,” pungkasnya. png-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU